Corps Hukum TNI-AD Peringati Hari Jadi di Tapal Batas RI-PNG

Untuk pertama kalinya selama 65 tahun, hari jadi Korps Hukum TNI AD diperingati di patok perbatasan MM-1 antara RI - PNG.
Share it:
Hari jadi ke 65 Corps Hukum TNI AD diperingati di patok perbatasan MM-1 antara RI - PNG
Jayapura, Dharapos.com
Untuk pertama kalinya selama 65 tahun, hari jadi Corps Hukum TNI AD diperingati di patok perbatasan MM-1 antara RI - PNG.

Acara tersebut sedianya juga akan dihadiri oleh satu tim dari Papua New Guinea Defence Force dan Staf Konsulat RI untuk PNG, Rabu (1/30.

"Kami sudah menghubungi staf konsulat RI untuk PNG, namun karena padatnya kegiatan,  mereka tidak bisa hadir, dan rencananya akan dijadwalkan pada minggu-minggu berikutnya untuk patroli bersama dengan Satgas," ungkap Pakum Satgas Lettu. CHK. Wira Hariyono,SH.

Peringatan hari jadi Corps para penegak hukum di institusi TNI AD ini mengusung tema "Dengan semangat Satya Wira Wibawa Corps Hukum TNI-AD bertekad mewujudkan jati diri sebagai Prajurit Profesional dalam mendukung tugas pokok TNI AD dan kemanunggalan TNI dengan rakyat".

Saat ini, dirinya sedang tergabung dalam Satgas Pamtas Yonif 122/Tombak Sakti, sebagai keluarga besar Korps Hukum.

"Saya ingin sekali memberikan kebanggaan tersendiri kepada Corps saya dan hari ini saya sengaja mengundang teman-teman dari Kumdam XVII/Cenderawasih untuk memperingatinya di  patok perbatasan antara RI dengan Papua Nugini," tutur Pakum Satgas bangga.

Ide peringatan hari jadi CHK ke 65 di tapal batas RI-PNG mendapat apresiasi positif dari Kakumdam XVII/Cenderawasih, Kolonel CHK. Fajar Sulistiyantono, SH.MH dan Dansatgas Pamtas Yonif 122/Tombak Sakti, Mayor Inf Sigit Sugiharto.

Sementara itu ungkapan senada juga disampaikan oleh Kakumdam I/Bukit Barisan, Kolonel CHK. Gatot Subandrio, SH kepada anggotanya yang hampir delapan bulan tergabung sebagai pasukan pengamanan perbatasan antara RI-PNG dibawah komando Mayor inf Sigit Sugiharto.

Hamparan Samudera Pasifik dan bebatuan karang yang terjal di utara Papua menjadi saksi betapa khidmat dan sederhananya pelaksanaan acara itu.

Tampak wajah kegembiraan dan kebanggaan dari Pakum Satgas Yonif 122/TS beserta tim bisa melaksanakan acara ini di tempat yang sangat penting itu.

Memang rute yang ditempuh untuk bisa sampai di tempat acara itu sangat sulit, namun hal itu tidak menyurutkan niatnya untuk memperingati hari jadi Corpsnya di tapal batas.

"Struktur tanahnya hampir seluruhnya terdiri batu karang dengan kondisi hutan yang lebat di atasnya, dan yang tidak kalah menantang kita disuguhkan pada sudut kemiringan tebingnya hampir mencapai 90 derajat ke bawah," kisah Pakum Satgas.

Letkol. CHK. Baslindo,SH yang turut hadir dalam acara peringatan itu juga memberikan apresiasi penuh.

Pasalnya, sore itu dirinya merasakan langsung perjuangan anggota Satgas Pamtas Yonif 122/TS saat melakukan patroli.

"Hari ini sungguh sangat luar biasa, saya melihat kegigihan prajurit Tombak Sakti saat melaksanakan patroli dengan medan yang sangat sulit," tandasnya bangga.

Acara puncak peringatan hari jadi Corps Hukum ke 65 ini secara serempak diperingati di seluruh  Kodam yang tersebar dari ujung Sumatera sampai Papua pada Rabu (1/3).

(Piet)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Papua

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga