Dispendukcapil Kota Jayapura Raih Penghargaan dari Kemenpan RB

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) secara resmi menyerahkan piagam penghargaan kepada pembina dan pimpinan penyelenggara pelayanan publik kepada puluhan daerah di Indonsia.
Share it:
Sekda Kota Jayapura Rasmus D. Siahaya, SH, MM (kedua dari kiri) saat menerima piagam
penghargaan dari Kemenpan RB bersama pimpinan daerah lainnya
 
Jayapura, Dharapos.com 
Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) secara resmi memberikan piagam penghargaan kepada pembina dan pimpinan penyelenggara pelayanan publik kepada puluhan daerah di Indonsia.

Hal tersebut menindaklanjuti hasil monitoring dan evaluasi unit pelayanan publik tertentu di 59 Kabupaten/Kota sebagai Role Model.

Dan salah satunya, yang mendapat penghargaan itu adalah Kota Jayapura dalam hal ini Dinas
Kependudukan dan Pencatatan Sipil setempat yang dinilai telah memberikan pelayanan publik dengan baik.

Piagam penghargaan tersebut diserahkan secara langsung oleh Menteri PAN-RB Asman Abnur, yang diwakili oleh Deputi Bidang Pelayanan Publik Diah Natalisa.

Untuk Kota Jayapura diterima langsung oleh Sekretaris Daerah Kota Jayapura,  Rasmus D. Siahaya, SH, MM di Jakarta, Kamis (2/3) pagi tadi.

Sekda yang di konfirmasi mengatakan Dispendukcapil Kota jayapura mendapat penghargaan nomor 2 se -Iindonesia  dengan nilai -A-

Penghargaan yang diberikan atas  prinsip-prinsip pelayanan publik yang lebih baik yakni transparan da tidak berbelit-belit tetapi pelayanan yang begitu cepat.

Kemudian, standar waktu akses pelaksanaan bagi masyarakat sangat mudah bahkan ketepatan waktu serta memberikan pelayanan dengan simpati .senyum dan menggunakan bahasa yang santun.

Sementara itu, Kepala Dispendukcapil Kota Jayapura,  Merlan S. Uloli, SE, MM memberikan apresiasi atas penghargaan yang diberikan Menpan kepada dinas yang dipimpinnya, sebagai roll model pelayanan publik.

Piagam penghargaan dari Kemenpan RB RI
"Tentu hal ini menjadi suatu cambuk atau motivasi bagi kami untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat

Keberhasilan ini lanjut Merlan, tentu tidak terlepas dari kerja sama tim pada dinas yang di ayomi baik kepala seksi, kepala bidang, Sekretaris hingga Tenaga kontrak yang telah turut bersama dalam menyukseskan program yang telah dilakukan.

Ditambahkan, Kemenpan RI ini telah melakukan monitoring sejak Oktober 2016.

Merlan, pada kesempatan tersebut, kembali berharap  seluruh staf dan jajarannya agar terus tingkatkan pelayanan lewat inovasi.

Dicontohkan, pelayanan akta kelahiran yang tadinya harus menunggu hingga tiga hari akan dipercepat hanya 1 jam. Begitu pula pengurusan kartu keluarga yang 1 hari juga dipercepat menjadi 30 menit.

"Selain itu, dibuka pula pelayanan pada hari Sabtu mulai pukul 08.00  - 13.00  siang artiya satu terobosan yang tidak ada menjadi ada," bebernya.

Dimana pelayanan untuk pengurusan dokumen kependudukan juga dibuka pada hari Sabtu bagi warga Kota Jayapura karena mungkin saja mereka terkendala aktivitas bekerja mulai dari Senin hingga Jumat sehingga tak punya waktu untuk mengurusnya.

Sehingga pihaknya memberikan kelonggaran waktu dengan membuka pelayanan khusus pada hari Sabtu.

Dispendukcapil terus membuat perubahan-perubahan agar seluruh segmen masyarakat dapat terlayani.

"Jadi, tidak ada alasan bagi warga kota untuk tidak mendapat pelayanan dalam pengurusan dokumen kependudukan," tukasnya.

(HAR)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Kota Jayapura

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga