Distan Kota Jayapura Siapkan 9 Mesin Percepat Waktu Panen Padi

Dinas Pertanian (Distan) Kota Jayapura telah menyiapkan sembilan unit mesin guna mempermudah proses panen petani di Kota Jayapura.
Share it:
Ilustrasi panen padi perdana
Jayapura, Dharapos.com  
Dinas Pertanian (Distan) Kota Jayapura telah menyiapkan sembilan unit mesin guna mempermudah proses panen petani di Kota Jayapura.

Kesembilan mesin tersebut dipersiapkan untuk membantu mempercepat panen petani yang selama ini dilakukan secara manual sehingga memakan waktu sangat lama.

Kepala Distan Kota Jayapura Jean Hendrik Rollo, yang dikonfirmasi, di kantor Wali Kota Jayapura, Kamis (9/3), mengungkapkan mesin-mesin tersebut merupakan bantuan dari Kementerian Pertanian Republik Indonesia.

Setelah adanya bantuan mesin-mesin tersebut, diharapkan saat panen padi menjadi mudah dan cepat sehingga memperpendek musim panen dari tiga kali panen dalam setahun.

"Untuk mesin yang besar kapasitas panennya dua hektar sebanyak tiga unit sementara yang kapasitas panennya satu hektar ada enam unit, sehingga kewalahan petani untuk panen 2017 ini bisa teratasi," terangnya.

Menurut Jean, ketika buruh tani mengambil alih mesin petani harus masuk ke lahan untuk mengolah lahan sehingga bisa di tanami padi sehingga menambah jumlah panen.

"Kami berharap Kementerian bisa menambah lagi mesin sehingga memudahkan petani yang jumlahnya ada 400 rumah tangga tani di Koya Barat dan Timur," ujarnya.

Terkait panen awal 2017, kata Jean akan dilakukan pada awal Mei. Luas lahan pada panen awal 550 hektar dengan total beras mencapai 2000 ton.

"Kami berharap ada peningkatan dua persen dari jumlah beras yang kami panen. Strateginya itu yang varietas produksinya tinggi, dan luas lahan tidur yang kami olah kembali serta keinginan petani untuk menanam" ujar Jean.

(HAR)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Kota Jayapura

Masukan Komentar Anda:

0 comments: