HUT ke 107 Kota Jayapura, Penjabat Apresiasi Semua Pihak

Perayaan HUT ke 107 tahun ini, dimaknai sangat penting karena bertepatan dengan pelaksanaan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) serentak di seluruh Indonesia termasuk Kota Jayapura yang berulang tahun hari ini.
Share it:
Penjabat Wali Kota Daniel Pahabol, S.Pd, MM saat menyampaikan sambutan 
Jayapura, Dharapos.com 
Perayaan HUT ke 107 tahun ini, dimaknai sangat penting karena bertepatan dengan pelaksanaan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) serentak di seluruh Indonesia termasuk Kota Jayapura yang berulang tahun hari ini.

"Karena ajang ini digelar untuk memilih dan menentukan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Jayapura periode 2017-2022 yang telah dilaksanakan tanggal 15 Februari lalu," demikian sambutan Penjabat Wali Kota Daniel Pahabol, S.Pd, MM pada upacara perayaan HUT ke-107 Kota Jayapura, Selasa (7/3).

Penjabat atas nama Pemerintah Daerah pada kesempatan tersebut menyampaikan apresiasi, ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada penyelenggara Pemilukada, Muspida, pihak, TNI - Polri dan seluruh elemen masyarakat yang telah menjaga dan memelihara persatuan dan kesatuan.

"Serta turut menjaga ketertiban dan ketentraman sehingga pelaksanaan Pemilukada Kota Jayapura dapat berlangsung lancar dan sukses," ucapnya.
Peserta upacara dari kalangan pelajar tingka SD - SMA se Kota Jayapura 

Tentu Penjabat berharap, kondisi ini terus dipertahankan sebagaimana telah dimulai sejak pleno rekapitulasi KPU pada 22 Februari lalu sehingga bisa menghasilkan pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota terpilih yang ditetapkan sebagai pemenang pilkada Kota Jayapura

Dan ia juga berharap agar proses selanjutnya hingga pada momen dilantiknya Wali Kota dan Wakil Wali Kota terpilih dapat berjalan sukses .

"Saya ingin mengajak seluruh masyarakat kota bahkan pasangan Wali Kota dan Wakil Walikota terpilih, juga tim Sukses dan seluruh elemen untuk bersatu membangun kota Jayapura menjadi lebih baik ke depan," ajak Penjabat.

Upacara yang dipusatkan di lapangan upacara Trikora distrik Abepura turut dihadiri Sekretaris Daerah Kota Jayapura, RD. Siahaya, SH, MM, Muspida Kota Jayapura, para Asisten, Staf Ahli, pimpinan OPD dana peserta upacara yang terdiri dari ASN Pemkot, TNI-POLRI, siswa-siswi SD, SMP, SMA dan SMK di bawah sorotan tema "Dengan semangat HUT ke -107 Kota Jayapura kita tingkatkan solidaritas membangun kota untuk kemuliaan Tuhan".
Peserta upacara dari kalangan ASN Pemkot Jayapura

Lanjut Penjabat, peringatan ini juga mengandung makna yang mendalam karena Kota Jayapura dihuni masyarakat yang heterogen, dimana hidup berbagai macam budaya adat istiadat sehingga makna solidaritas menjadi penting untuk membina dan memelihara persatuan juga kesatuan, serta memperkuat kebersamaan yang saling menghormati satu sama lain.

"Tentu untuk mewujudkan visi Pemerintah Kota Jayapura yaitu Terwujudnya Kota Jayapura yang beriman, bersatu, mandiri, sejahtera dan modern berbasis kearifan lokal," lanjutnya.

Ditambahkan pula, Kota Jayapura juga berada pada posisi yang strategis karena selain berbatasan langsung dengan negara Papua Nugini, juga sebagai ibukota Provinsi Papua yang merupakan simpul strategis dalam penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan pelayanan masyarakat.

"Dan sebagai pusat pertumbuhan ekonomi, kota Jayapura terus mengalami peningkatan yang signifikan dari tahun ke tahun," tandasnya.

Begitu pula dengan akses transportasi yang memadai sehingga dengan posisi tersebut maka kepemimpinan periode 2011 - 2016 yang lalu telah merumuskan visi - misi strategis serta arah kebijakan pembangunan di Kota Jayapura dan keberhasilan di berbagai sektor yang telah dicapai.

Peserta upacara dari institusi TNI, POLRI, Satpol PP serta Siswa IPDN Papua 
Di antaranya, keberhasilan dalam bidang pendidikan, kesehatan, pemberdayaan ekonomi dam bidang infrastruktur serta tata kelola pemerintahan yang transparan dan akuntabel.

"Dan keberhasilan yang dicapai selama ini adalah keberhasilan seluruh rakyat kota Jayapura," cetus Penjabat.

Pejabat juga berpesan, momentum perayaan HUT ke 107 tahun ini tidak hanya sekedar sebagai seremonial semata melainkan perayaan dimaknai secara sungguh-sungguh, menyentuh, menggugah hati pikiran dan perasaan warga Kota Jayapura.

"Sebagai insan yang hidup mendiami dan berkarya di atas tanah ini tentu untuk merefleksi mengevaluasi dan menginspirasi kita akan semakin kreatif dan inovatif untuk memberikan kontribusi melanjutkan peradaban kota ini melalui pembangunan yang berkelanjutan," harapnya.

Namun begitu, diakuinya pula, masih banyak hal yang belum dilaksanakan dan hal ini menjadi perhatian dan
prioritas kepada Wali Kota dan Wakil Wali Kota terpilih periode 2017-2022 nanti.

Pimpinan Lembaga dan para tamu undangan  
Penjabat pada kesempatan tersebut juga menyampaikan apresiasi, ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Ketua, Wakil ketua serta segenap anggota DPRD Kota Jayapura, Muspida setempat serta pimpinan TNI-POLRI.

Kemudian, Ketua LMA Port Numbay, Ketua Klasis yang juga pimpinan FKUB kota Jayapura, Lembaga Keagamaan, tokoh adat, pimpinan BUMN/BUMD, lembaga perguruan tinggi dan seluruh elemen masyarakat kota Jayapura atas dukungan, bantuan, koordinasi, sinergitas dan kerjasama yang telah dibangun selama ini menjaga keutuhan toleransi umat beragama di kota Jayapura.

Peringatan diawali dengan pembacaan sejarah singkat kota Jayapura di hadapan peserta upacara yang yang terdiri, ASN Pemkot Jayapura, siswa-siswi SMA, SMP dan SD serta TNI dan POLRI serta seluruh tamu undangan.

Upacara juga turut dihadiri Wakil Wali Kota terpilih, Ir. H. Rustan Saru, MM.

(HAR)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Kota Jayapura

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga