Masa Depan Kota Jayapura Tak Lepas dari Peran Perempuan

Mempunyai peran yang krusial, sosok seorang perempuan memiliki kedudukan yang strategis dalam menciptakan keluarga yang berkualitas dan sehat.
Share it:
Sekda Kota Jayapura Rasmus D. Siahaya, SH, MM saat menyapa para petugas medis
Jayapura, Dharapos.com 
Mempunyai peran yang krusial, sosok seorang perempuan memiliki kedudukan yang strategis dalam menciptakan keluarga yang berkualitas dan sehat.

Perempuan merupakan makhluk yang diciptakan Tuhan untuk melanjutkan generasi yang satu kepada generasi yang lain. Dalam arti, kepada mereka pula diberikan sebuah tanggung jawab untuk meneruskan keturunan yang satu kepada keturunan yang lain

"Hal ini berarti masa depan kehidupan dari bangsa Indonesia, kehidupan Provinsi Papua bahkan kehidupan Kota Jayapura  juga tidak terlepas dari kekuatan peran yang seorang perempuan,“ cetus Sekretaris Daerah Kota Jayapura, Rasmus D. Siahaya, SH, MM saat membuka pelayanan Papsmear Gratis bagi ibu-ibu yang ada di 5 distrik, .bertempat di kantor BKKBN Provinsi Papua, Selasa (28/2).

Kegiatan ini dilaksanakan Pemerintah Kota melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga berencana (PPPA - KB) Kota Jayapura, dalam rangka Hari Ulang Tahun ke 107.

Tema yang diusung  “Melalui HUT Kota Jayapura ke 107, Kita Wujudkan Keluarga Kecil yang Berkualitas”.

Dijelaskan Siahaya, berdasarkan data Badan Kesehatan Dunia (WHO) telah menyatakan bahwa  Indonesia merupakan  salah satu negara dengan jumlah penderita kanker serviks tertinggi di dunia.

Ratusan perempuan dari 5 distrik yang turut ambil bagian dalam pelayanan Papsmear gratis 
Sementara, menurut data Yayasan Kanker Indonesia Provinsi Papua khusus untuk Kota Jayapura pada tahun 2016  terdeteksi lebih dari 569 penderita

Merujuk pada data yang ada, telah menarik perhatian Pemkot untuk memprogramkan kegiatan-kegiatan yang ditargetkan langsung menyentuh perempuan-perempuan yang ada di Kota Jayapura yaitu dengan melakukan pelayanan Papsmear gratis.

"Tentu agar anak yang lahir dari rahim perempuan di negeri Port Numbay menjadi generasi yang memiliki kualitas dalam sebuah kehidupan yang sehat," cetus Sekda.

Diakuinya, dari sekian banyak jenis kanker yang sangat menakutkan yaitu kanker serviks dan juga kanker payudara.

Dalam rangka menekannya, Dinas PPPA - KB Kota Jayapura telah menyusun program agar mama-mamav maupun anak-anak perempuan yang sudah berumah tangga melakukan pemeriksaan papsmear.

Ia juga mengingatkan ibu-ibu untuk dapat menginformasikan kepada keluarga maupun tetangga untuk memanfaatkan lembaga-lembaga yang telah disediakan oleh Pemerintah seperti RS, Posyandu hingga Puskesmas untuk selalu memeriksa kesehatan terutama papsmear.

Tak lupa juga, Sekda menyampaikan ucapan terima kasih kepada mama-mama yang telah hadir untuk mengikuti pelayanan papsmear tersebut.

Kepala Bidang KB Dinas PPPA-KB Kota Jayapura, Aisyah Bustaman saat menyampaikan  laporan
"Ikutlah kegiatan ini dengan.t. baik dan kita doakan agar semua ibu-ibu Tuhan pimpin hingga terbebas dari penyakit yang menakutkan. Begitu pun jika penyakit itu ada, maka marilah kita bersandar kepada Tuhan karena bagi Dia tidak ada yang mustahil," tukasnya.

Di saat yang sama Kepala Bidang KB Kota Jayapura Aisyah Bustaman dalam laporannya mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kepedulian perempuan terhadap pemeriksaan dan pencegahan penyakit kanker serviks.

Dan hasil yang diharapkan dapat meningkatkan jangkauan pelayan deteksi dini kanker serviks bagi perempuan dengan pemeriksaan papsmear, serta menurunnya angka kematian perempuan akibat penyakit tersebut.

Kegiatan ini melibatkan 250 orang perempuan di Kota Jayapura yang tersebar di 5 distrik.

Narasumber yang dihadirkan, dr. Frederika Lilianan Wanane, S.POG sementara tim pemeriksaan kesehatan berasal dari Yayasan Kanker Indonesia, Klinik Pathologi dr. Nirwan Akib spa.DMF MARS.

(HAR)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Kota Jayapura

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga