2 SKPD Kota Jayapura Terima Penghargaan di Momen HUT ke 107

Upacara perayaan Hari Ulang Tahun ke 107 Kota Jayapura, Selasa (7/3) yang berlangsung di lapangan Trikora, MM diwarnai sejumlah momen menarik.
Share it:
Foto bersama usai penyerahan penghargaan dari Ombudsman RI
Jayapura, Dharapos.com 
Upacara perayaan Hari Ulang Tahun ke 107 Kota Jayapura, Selasa (7/3) yang berlangsung di lapangan Trikora, MM diwarnai sejumlah momen menarik.

Salah satunya, penyerahan penghargaan dari Ombudsman RI kepada 2 SKPD di lingkup Pemerintah Kota masing-masing Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil serta Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP) Kota Jayapura atas keberhasilan dalam memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat.

Kepala Dinas PMPTSP Kota Jayapura, Johanis Wemben mengakui penghargaan yang diterimanya saat ini merupakan hasil kerja keras seluruh jajarannya.

"Dan yang tak boleh dilupakan, prestasi ini juga berhasil diraih karena dukungan seluruh masyarakat Kota Jayapura karena pelayanan yang dibuat bertujuan untuk menyejahterakan masyarakat," cetusnya usai upacara perayaan HUT ke 107 Kota Jayapura, Selasa (7/3).

Dengan perhargaan ini juga, Wemben pun berkomitmen untuk semakin memberikan pelayanan yang terbaik dan excellent kepada masyarakat.

"Hal ini juga merupakan wujud penghargaan yang kami dapat melalui penilaian yang dilakukan oleh lembaga Ombudsman RI,"  lanjutnya.

Dijelaskan Wemben, Ombudsman RI merupakan lembaga independen yang diberikan kewenangan oleh UU untuk melakukan penilaian serta memberikan penguatan kepada setiap instansi baik di tingkat pusat maupun juga perwakilan di daerah.

"Lembaga independen ini yang memberikan penilaian dan pendampingan terhadap instansi Pemerintah baik di kabupaten/kota maupun instansi vertikal lainnya yang ada di Provinsi Papua maupun Papua Barat," jelasnya.

Dirincikan, untuk ketiga kalinya berturut-turut sejak momen HUT ke 105 Tahun 2015 hingga 2017 Dinas PMPTSP telah menerima sebanyak 3 penghargaan.

"Dua penghargaan kami peroleh dari Ombudsman RI Perwakilan Papua dan Ombudsman RI serta penghargaan atas kepatuhan tinggi sebagai instansi pelayanan publik dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi RI dimana kita berada pada urutan 10 tingkat nasional dalam kategori pelayanan publik secara nasional," bebernya.

Penghargaan pada tahun ini menurut Wemben telah diterima Sekretaris Daerah Kota Jayapura di Jakarta.

Kesempatan yang sama, Kepala Kantor Perwakilan Ombudsman RI Provinsi Papua, Sabar Iwanggin menambahkan kehadiran lembaga tersebut di Papua adalah untuk memastikan langsung apakah masyarakat menikmati pelayanan secara baik atau tidak.

"Karena biasanya yang menikmati pelayanan adalah si pemberi pelayanan itu sendiri sehingga salah menyalahgunakan wewenang. Karena itu, Ombudsman RI diamanatkan dalam Undang Undang untuk melaksanakan penilaian terhadap pelayanan publik," tambahnya.

Ditegaskan Iwanggin, semua pemberi pelayanan publik yang tidak transparan dan tidak akuntabel merupakan pintu masuknya korupsi.

"Olehnya itu, pemberian penghargaan kepada dua OPD yakni Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dan Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu di lingkup Pemerintah kota Jayapura untuk mendorong agar pelayanan kepada masyarakat berlangsung transparan," tukasnya.

Pantauan media ini, usai upacara, Kepala Kantor perwakilan Ombudsman RI Provinsi menyerahkan penghargaan ke Penjabat Wali Kota. Kemudian, selanjutnya Penjabat menyerahkan ke Kepala Dispendukcapil dan Dinas PMTSP Kota Jayapura.

(HAR)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Kota Jayapura

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga