Pemda Nabire Didesak Cabut izin Usaha PT. Kristalin

Puluhan masyarakat mengatasnamakan Solidaritas untuk Nifasi yang tergabung dari unsur pemuda dan mahasiswa menggelar aksi demo di areal Kantor DPR Papua, Kamis (9/3).
Share it:
Penyerahan pernyataan sikap para pendemo kepada Ketua Komisi I DPR Papua Elvis Tabuni
Jayapura, Dharapos.com
Puluhan masyarakat mengatasnamakan Solidaritas untuk Nifasi yang tergabung dari unsur pemuda dan mahasiswa menggelar aksi demo di areal Kantor DPR Papua, Kamis (9/3).

Mereka menuntut agar DPR Papua segera menindaklanjuti kejadian penindasan dan ketidakadilan di Papua khususnya di wilayah Nifasi, Kabupaten Nabire.

Pantauan Dharapos.com di lokasi, yang menjadi moderator pada aksi demo tersebut yaitu Christian Repasi yang menyampaikan orasi dan tuntutan para pengunjuk rasa.

Tak lama berselang, para pendemo di temui Ketua Komisi I DPR Papua yang membidangi Pemerintahan Hukum dan HAM, Elvis Tabuni yang di dampingi anggotanya, Emus Gwijangge.

Pada kesempatan tersebut, Benyamin Gurik membacakan pernyataan sikap mereka di depan kedua Legislator.

Adapun isi pernyataan pendemo yaitu, menuntut kepada Pemda Nabire agar mencabut izin usaha PT Kristalin.

Kemudian, DPR Papua harus segera membentuk tim investigasi untuk meninjau Nifasi bersama beberapa kelompok (Solidaritas untuk Nifasi, red).

Selanjutnya, mereka meminta Poda Papua untuk memproses tuntutan Dewan Adat kepada PT Kristalin, dan menuntut Panglima TNI untuk mengeluarkan TNI dari kampung Nifasi karena daerah tersebut bukan daerah latihan perang.

Poin kelima, mereka meminta TNI kembali kepada tugas pokok sebagai pelindung rakyat dan yang terakhir, masalah pelanggaran HAM yang di lakukan oknum TNI di Kampung Nifasi harus segara di proses dan oknum pelaku harus di pecat dari keanggotaan TNI.

Usai membacakan pernyataan sikap, mereka langsung menyerahkannya kepada Ketua Komisi I Elvis Tabuni.

Sementara itu, setelah menerima pernyataan sikap pendemo, Tabuni atas nama lembaga DPR Papua menyatakan menerima aspirasi yang sudah di sampaikan.

"Secepatnya kami akan laporkan ke Ketua DPR Papua kemudian rapat bersama setelah itu berkoordinasi dengan Pangdam dan Kapolda untuk menindak lanjuti aspirasi yang di sampaikan ini," janjinya.

(VIAN)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Papua

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga