Penjabat Ajak Semua Pihak Pertahankan Budaya Port Numbay

Penjabat Wali Kota Daniel Pahabol, S.Pd, MM mengajak semua pihak untuk bersama-sama menjaga dan mempertahankan budaya Port Numbay.
Share it:
Penjabat Wali Kota Daniel Pahabol, S.Pd, MM saat menyampaikan sambutan
Jayapura, Dharapos.com
Penjabat Wali  Kota Daniel Pahabol, S.Pd, MM mengajak semua pihak untuk bersama-sama menjaga dan mempertahankan budaya Port Numbay.

Ajakan tersebut disampaikannya saat gelaran Pesta Budaya Port Numbay dalam rangka Hari Ulang Tahun ke 107 Kota Jayapura bertempat di lapangan Imbi, pusat Kota Jayapura, Sabtu (4/3).

Ajang ini merupakan kegiatan tahunan dari Dinas Pariwisata setempat dalam rangka memperkenalkan hasil karya kearifaan lokal dari masyarakat asli Port Numbay.

"Kalau budaya Port Numbay tidak dipertahankan maka Kota Jayapura akan mengalami kegersangan karena ketiadaan budaya asli masyarakat disini," cetus Penjabat disela-sela event tersebut, Sabtu (4/3).

Demi menjaga itu, ia pun menghimbau warga Port Numbay untuk tetap setia menjaga kearifan lokal di daerah ini.

"Walaupun kita tertinggal dalam hal-hal tertentu, tetapi dalam hal budaya segala sesuatu yang di turunkan dan tradisi dari orang tua kita yang terdahulu harus kita jaga dan pelihara serta pertahankan," imbuhnya.

Secara khusus Penjabat mendorong para tokoh adat, agar dapat menghasilkan sebuah karya tulis atau membuat sebuah buku tentang sejarah Port Numbay.

Sehingga generasi muda ke depan bisa mengetahui asal muasal budaya daerahnya serta tidak tertinggal dari budaya daerah lainnya.

Para tamu undangan yang hadir pada pembukaan Pesta Budaya Port Numbay 2017
"Kenapa sampai harus membuat buku sejarah itu? Tentunya kita tahu bersama bahwa Kota Jayapura adalah wilayah yang majemuk dan masyarakat Port Numbay sudah bercampur aduk dengan warga maupun suku lainnya. Karena itu, saya sarankan budaya dan adat istiadat orang Port Numbay jangan sampai hilang," dorongnya.

Para pemuda, tokoh masyarakat dan agama serta kaum intelektual Kota Jayapura harus bisa meninggalkan kenangan yang manis dalam hal ini budaya atau kearifan lokal kepada para anak cucu sebagai generasi penerus orang Port Numbay.

"Dan harus terus ditingkatkan serta dikembangkan agar kita tidak sampai terpengaruh dengan budaya luar yang bakal mematikan budaya orang Port Numbay," sambungnya.

Olehnya itu, Penjabat kembali mengajak semua pihak untuk turut mempromosikan hasil budaya Port Numbay dalam berbagai acara, event atau kegiatan.

"Karena itu berarti anda turut membangun Kota Jayapura, dan meningkatkan income perkapita daerah demi kesejahteraan masyarakat," tandasnya.

Penjabat juga mengapresiasi semua pihak yang sudah terlibat serta berpartisipasi dalam rangka menyukseskan seluruh kegiatan menyongsong HUT ke 107 Kota Jayapura.

(VIAN)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Kota Jayapura

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga