Terkait E-Government, Pemkot Jayapura Telah Terapkan pada Beberapa Kegiatan

Seluruh kabupaten/kota di Papua harus ikut menyukseskan sistem penyelenggaraan pemerintahan dengan sistem e-Government sebagaimana instruksi Gubernur Papua Lukas Enembe, ketika melaunching aplikasi tersebut.
Share it:
Sekda Kota Jayapura, Rasmus D. Siahaya, SH, MM
Jayapura, Dharapos.com
Seluruh kabupaten/kota di Papua harus ikut menyukseskan sistem penyelenggaraan pemerintahan dengan sistem e-Government sebagaimana instruksi Gubernur Papua Lukas Enembe, ketika melaunching aplikasi tersebut.

Terkait itu, Pemerintah Kota Jayapura pada beberapa kegiatannya telah menerapkan aplikasi tersebut.

Bahkan, oleh Komisi Pemberantasan Korupsi RI khusus Deputi Bidang Pencegahan, Kota Jayapura didorong sebagai role model untuk kabupaten lain agar bisa meniru sistem yang diterapkan  di ibukota provinsi paling timur Indonesia ini

Sekretaris Daerah Kota Jayapura, Rasmus D. Siahaya, SH, MM, yang dikonfirmasi, di ruang kerjanya, Kamis (9/3) mengakui pelayanan-pelayanan publik yang dilakukan Pemerintah kota saat ini telah dilaksanakan dengan sistem online.

"Seperti yang sudah dilakukan pada pengurusan izi dimana ada sebanyak 67 perizinan yang prosesnya dilakukan secara online," bebernya.

Kemudian, lanjut sekda, beberapa waktu lalu dilakukan testimoni dari Jawa Barat bahwa ada perizinan yang bisa selesai 3 jam.

"Dan untuk Pemerintah Kota Jayapura, terkait pengurusan perizinan dengan waktu 3 jam itu pun sudah dilakukan seperti perpanjangan trayek," lanjutnya.

Dalam sistem ini, apabila tidak ada penambahan komponen lain atau perubahan nama maupun perubahan alamat, dan  hanya  di ganti tanggal pada  perizinan tersebut sehingga bisa terbit dalam waktu singkat bahkan satu jam sudah bisa keluar.

Di samping itu, Sekda menambahkan pula untuk pelayanan publik tertib administrasi kependudukan yaitu pelayanan akta kelahiran atau akta pernikahan, kartu keluarga e-KTP semuanya juga telah dilakukan secara online.

"Juga penerapan secara online yang ada pada Dinas Pendapatan Daerah di mana sistemnya telah konek dengan semua hotel dan restoran yang ada di kota Jayapura," sambungnya.

Sistemnya real time, artinya setiap orang yang menginap pada hotel berbintang dan saat pembayaran maka sudah langsung tercover pembayaran pajak sehingga tidak ada manipulasi dari pihak hotel.

Ini juga didukung PHRI setelah dilakukan retribusi pajak secara online di perhotelan dan restoran tersebut maka tentu mempermudah wajib pajak sehingga mereka tidak sibuk karena semua sudah tersistem.

"Semuanya telah tercover. Karena itu apabila pembayaran pajaknya tidak tepat waktu maka, mereka akan segera didatangi petugas," tegasnya.

(HAR)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Kota Jayapura

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga