BKMT Kota Jayapura Menangi Lomba Tumpeng Sambut HUT Kartini

Pemerintah Kota telah melaksanakan Pencanangan Peringatan Hari RA. Kartini ke 138, Tahun 2017 Tingkat Kota Jayapura, Selasa (11/4).
Share it:
Para peserta lomba tumpeng sementara menampilkan hasil karya masing-masing
Jayapura, Dharapos.com 
Pemerintah Kota telah melaksanakan Pencanangan Peringatan Hari RA. Kartini ke 138, Tahun 2017 Tingkat Kota Jayapura, Selasa (11/4).

Pencanangan yang ditandai dengan pelepasan balon ke udara  oleh Sekda Kota Rasmus D. Siahaya, SH, MM ini dilanjutkan dengan senam jantung oleh Gabungan Organisasi wanita (GOW)  di Kota Jayapura. Tak ketinggalan pada momen tersebut,  juga digelar lomba menghias tumpeng.

Dalam lomba tersebut, aneka tumpeng dengan beragam hiasan berhasil di pamerkan dan merupakan hasil kreativitas dan inovasi puluhan ibu dalam membuat beragam tumpeng dari bahan pangan lokal dengan rasa yang berbeda.

Lomba yang diikuti oleh puluhan organisasi wanita ini akhirnya berhasil dimenangkan oleh Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT) Kota Jayapura dengan perolehan nilai 243.

Dengan nama tumpeng yang disajikan, merupakan kumpulan surat yang di tulis oleh RA. Kartini "Habislah Gelap Terbitlah Terang".

Ketua Dewan Juri, Merlan Uloli mengatakan, lomba menghias tumpeng ini diikuti 20 peserta dari berbagai organisasi wanita yang ada di kota Jayapura.

Dalam lomba ini, pemenang yang ditetapkan hanya 4 peserta, karena sudah merupakan aturan panitia.

Ketua Dewan Juri, Merlan Uloli berpose bersama kelompok pemenang pertama
“Kami tim juri yang terdiri dari gizi dan pemberdayaan perempuan dimana kami bekerja sesuai kapasitas masing-masing. Dan selaku ketua panitia, saya menilai dari segi kreativitas peserta dalam hal menyajikan dan menampilkan tumpeng,” lanjutnya.

Ketiga juri berkolaborasi dan keputusan yang di ambil bukan oleh ketua tapi hasil kolaborasi dari gizi, penilaian rasa serta ketepatan waktu. Sehingga akhirnya dari 20 peserta ini, lahir 4 pemenang masing-masing juara 1, 2, 3 dan harapan 1.

“Yang keluar sebagai pemenang, betul-betul  independen dan tidak ada keterkaitan bahwa kami memilih dari organisasi mana. Kami menilai dengan sejujurnya sesuai dengan hasil yang ada,” akuinya.

Menurut Merlan, salah satu penilaian tim juri dari sisi inovasi bahwa mereka berani mencipta atau berkreasi dalam hal penyediaan menunya.

“Misalnya dari sayur dibentuk menjadi satu menu yang orang tidak tahu itu seperti sayur lilin dimana mereka memodifikasi makanan tersebut menjadi bentuk yang lain. Dan kita melihat inovasi-inovasi baru yang dilakukan dan waktu yang diberikan hanya 45 menit untuk menilai itu,” tukasnya.

Untuk pemenang ke 2 dengan nilai 225 diraih organisasi Muslimat NU Kota Jayapura. Sementara pemenang ke 3 diraih PKK Kota Jayapura dengan perolehan nilai 201.

Sedangkan juara harapan satu dari Dharma Wanita Kota Jayapura dengan jumlah nilai 128.

(HAR)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Kota Jayapura

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga