DPMK Kota Jayapura Gelar Bimtek Tim Pengelola Dana Desa

Pemerintah Kota Jayapura dalam hal ini Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung (DPMK) menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Tim Pengelola Dana Desa yang berlangsung di Hotel Grand Talend, Rabu (26/4).
Share it:
Para peserta Bimtek Tim Pengelola Dana Desa mewakili 14 kampung di Kota Jayapura
Jayapura, Dharapos.com
Pemerintah Kota Jayapura dalam hal ini Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung (DPMK) menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Tim Pengelola Dana Desa yang berlangsung di Hotel Grand Talend, Rabu (26/4).

Bimtek tersebut di buka secara langsung oleh Asisten I Bidang Pemerintahan Drs. Hanock Wambukomo yang di tandai dengan penabuhan tifa.

Wambukomo dalam sambutan tertulis Penjabat Wali Kota menyatakan bahwa sejalan dengan Pemerintah memberikan kewenangan yang besar kepada daerah untuk menyelenggarakan berbagai urusan pemerintahan dilakukan untuk mengembangkan kapasitas pemerintah daerah.

“Tujuannya adalah terciptanya pemerintahan daerah yang memiliki kapasitas yang berkelanjutan dalam penyelenggaraan pemerintahan sehingga peningkatan kesejahteraan masyarakat dapat dicapai secara efektif dan efisien,” ucapnya.

Dan melalui UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang desa, desa diberikan kesempatan besar untuk mengurus tata
pemerintahannya sendiri serta pelaksanaan pembangunan untuk meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakat desa.

“Selain itu Pemerintah desa diharapkan lebih mandiri dalam mengelola pemerintahan dan potensi yang dimilikinya termasuk di dalamnya pengelolaan keuangan dan kekayaan milik desa,” urainya.

Oleh karena itu, Pemerintah Kota Jayapura dalam hal ini DPMK setempat melaksanakan bimtek kepada tim pengelola dana desa untuk memberi pemahaman dan kemampuan bagi tim pengelola kegiatan di masing-masing kampung dalam melaksanakan tugas dan fungsinya

“Sehingga berdampak langsung kepada masyarakat kampung di Kota Jayapura,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas DPMK Kota Jayapura, Daniel Mano mengatakan kegiatan bimtek ini di ikuti oleh 14 kampung yang ada di wilayah setempat dengan masing-masing diwakili 5 orang.

“Nantinya para peserta bimtek ini akan dilatih selama dua hari dan ke depannya mereka menjadi satu tim di lapangan untuk melaksanakan tugasnya mengelola dana dari Pemerintah pusat maupun Pemerintah Daerah,” rincinya.

Dalam bimtek ini juga pihaknya akan membentuk dua tim yaitu tim pengelola yang fungsinya mengawasi dan mengelola dana yang akan turun ke kampung.

Kemudian tim pengendalian fungsinya fokus ke masing-masing kegiatan baik dari segi ekonomi, pendidikan, pemberdayaan maupun infrastruktur.

“Kedepannya tim ini juga akan mengatur mulai dari perencanaan, pelaksanaan sampai pada pertanggung jawaban keuangan sesuai dengan bidang-bidang yang ada di masing-masing kampungSehingga dana yang akan turun ke kampung dapat terserap dengan baik di 14 kampung, tersebut,” tandas Mano.

Ketua panitia bimtek Endang Sosiawati dalam laporannya menyatakan maksud dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kinerja bagi tim pengelola kegiatan di kampung.

Sedangkan tujuannya untuk melaksanakan tugas dan fungsinya dalam melaksanakan kegiatan kampung mulai dari perencanaan sampai pada pertanggung jawaban.

Acara bimtek ini diselengarakan selama dua hari mulai tanggal 26 -27 April 2017.

(Vian)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Kota Jayapura

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga