DWP Kota Jayapura Dituntut Teladani Semangat Kartini

Tujuan mendasar perjuangan Raden Ajeng Kartini adalah untuk memperoleh persamaan hak dan kewajiban kaum perempuan.
Share it:
Pengurus DWP Kota Jayapura saat foto bersama Sekda Kota Rasmus D. Siahaya, SH, MM
Jayapura, Dharapos.com 
Tujuan mendasar perjuangan Raden Ajeng Kartini adalah untuk memperoleh persamaan hak dan kewajiban kaum perempuan.

Dengan demikian gerakan nasional pemberdayaan perempuan sejatinya  sudah dirintis wanita yang dikenal dengan julukan pahlawan emansipasi wanita sejak 138 tahun lalu.

“Olehnya itu, yang terpenting bagi kaum wanita di Kota Jayapura dalam memperingati Hari Kartini yang ke 138 ini adalah bagaimana menggali api semangat dan meneladani sang pahlawan,“ cetus Penjabat Wali Kota dalam sambutanya yang dibacakan Sekretaris Daerah Kota Jayapura, Rasmus D. Siahaya, SH, MM pada acara resepsi memperingati Hari RA. Kartini Ke-138 yang di gelar Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kota Jayapura, Selasa (25/4).

Kaum wanita saat ini di tuntut untuk ikut serta secara maksimal menyukseskan pembangunan nasional sesuai dengan kemampuan dan kesanggupan masing-masing.

Hal ini  sejalan dengan tema peringatan Hari Kartini Tahun 2017, yakni “Dengan Semangat Kartini, Dapat
Memperkuat Daya Cipta Kreativitas Perempuan Adalah Arsitek Nyata Dalam Masyarakat“.

Dan sub tema “Melalui Perayaan Hari R. A. Kartini ke – 138, Kita Tingkatkan Kapasitas Istri ASN Kota Jayapura Dalam Mengaplikasikan Tanggung Jawabnya”.

Ketua DWP Kota saat didaulat memberikan tumpeng kepada Sekda Kota Jayapura
Untuk itu, diharapkan adanya solidaritas dan keberpihakan kaum perempuan terhadap organisasi perempuan di Kota Jayapura sebagai momen memperkuat dan memperluas pemberdayaan didalam organisasi itu sendiri.

“Melalui resepsi peringatan, mari kita bersama-sama berkomitmen untuk terus berpacu membulatkan tekad dan niat bersama dalam memajukan pembangunan serta meningkatkan  perubahan-perubahan  yang nyata,” tandas Penjabat.

Peringatan ini, sambung Penjabat, bukan sebatas acara seremonial semata tapi lebih dari itu diharapkan muncul Kartini-kartini baru dari negeri berjuluk Port Numbay ini yang melegenda seperti RA. Kartini.

Khusus kepada kaum wanita, Penjabat  juga berpesan, untuk ikut serta dalam pembangunan dengan tidak meninggalkan kodratnya sebagai seorang ibu  rumah tangga yang berperan dalam pembinaan keluarga sejahtera dan generasi muda.

Ia juga mengajak ibu-ibu selaku istri ASN, agar terus mendukung suaminya dalam bertugas sebagai ASN dan memberikan ide-ide inovatif, karena dibalik kesuksesan suami, tentu ada sosok istri yang sealu setia mendampingi.

“Sebuah bangsa akan maju tergantung kualitas perempuan dan dibalik suksesnya sebuah keluarga  biasanya ada seorang perempuan yang kuat dan tabah memikul beban sebagai seorang istri, ibu dan seorang anggota keluarga yang baik dan berkepribadian,” tukasnya.

Resepsi diawali dengan pembacaan sejarah RA. Kartini oleh salah satu pengurus DWP Bidang Sosial Budaya, Ny. Bington Nainggolan.

Momen tersebut juga ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Ketua DWP Kota Jayapura dan di hadiahkan kepada Sekda dan Kepala Dinas PPPA - KB setempat Ny. Betty A. Pui.

(HAR)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Kota Jayapura

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga