Gandeng KPA, Satgas TMMD Kodim 1710/Mimika Lakukan Penyuluhan HIV/AIDS

Rangkaian kegiatan non fisik TMMD ke-98 di Kampung Bhintuka SP 13 masih terus berlanjut.
Share it:
Kodim 1710/Mimika menggelar penyuluhan HIV/AIDS yang diikuti sekitar 40 orang warga
masyarakat bertempat di Posko TMMD, Selasa (25/4)
Timika, Dharapos.com
Rangkaian kegiatan non fisik TMMD ke-98 di Kampung Bhintuka SP 13 masih terus berlanjut.

Kali ini, Kodim 1710/Mimika menggelar penyuluhan HIV/AIDS yang diikuti sekitar 40 orang warga masyarakat bertempat di Posko TMMD, Selasa (25/4).

Dalam kegiatan ini, Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Mimika yang diwakili Richard dihadirkan tim satgas TMMD untuk memberikan penyuluhan tentang HIV/AIDS kepada masyarakat.

Kegiatan ini juga dibantu oleh petugas Puskesmas Bhintuka dan petugas medis Satgas TMMD.

Penyuluhan tentang bahaya HIV/AIDS pada masyarakat sangat perlu untuk dilakukan karena Kota Timika adalah salah satu kabupaten di Papua dengan angka penderita HIV/AIDS paling tinggi.

Salah satu menyebabnya karena kurangnya pengetahuan dan pemahaman masyarakat tentang penyakit ini.

Sejumlah materi diberikan seperti apa itu HIV AIDS, bahaya, cara penularan dan cara pencegahan penularan HIV/AIDS.

Untuk diketahui, HIV (Human Immunodeficiency Virus) adalah suatu virus yang menyebabkan rusaknya atau melemahnya sistem kekebalan tubuh manusia, virus ini bersemayam dalam cairan tubuh manusia seperti darah, ASI, cairan sperma dan vagina.

Petugas medis TMMD melakukan pengambilan sampel darah guna mengetahui ada atau
tidaknya masyarakat di Kampung Bhintuka yang terinfeksi penyakiti HIV/AIDS.
Saat manusia terkena virus HIV dalam waktu 5 sampai 10 tahun, penderita terlihat biasa-biasa saja atau tampak sehat walafiat.

“Tetapi pada masa ini pasien sebenarnya sudah sakit dan sudah bisa menularkan virus kepada orang lain," jelasnya.

Guna mewujudkan kepedulian masyarakat akan bahaya penyakit ini khususnya kepada masyarakat lokal perlu diberikan penyuluhan-penyuluhan salah satunya yang paling terpenting adalah dijelaskan bagaimana cara penularan dan pencegahan karena penyakit ini belum ada obatnya.

Pada kesempatan yang sama Kapten Rustam selaku koordinator kegiatan ini memberikan himbauan dan ucapan terima kasih kepada masyarakat.

"Bapa-bapa dan mama-mama yang hadir di sini saya ucapkan terima kasih sudah mau hadir, tadi petugas sudah menjelaskan panjang lebar tentang bahaya HIV/AIDS. Saya cuma mau pesan agar kita tidak terkena penyakit ini kita harus setia pada pasangan dan selalu rajin beribadah mendekatkan diri pada Tuhan," imbuhnya.

Di akhir kegiatan penyuluhan, pihak Puskesmas bersama petugas medis TMMD melakukan pengambilan sampel darah guna mengetahui ada atau tidaknya masyarakat di Kampung Bhintuka yang terinfeksi penyakiti HIV/AIDS.

(Piet)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Daerah

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga