Inilah yang Jadi Alasan Gubernur Papua Raih Penghargaan Otda 2017

Keberhasilan Gubernur Papua, Lukas Enembe, S.IP, MH kembali menerima penghargaan dari Pemerintah pusat bukan tanpa alasan.
Share it:
Gubernur Papua dan sejumlah kepada daerah lainnya saat menerima penghargaan Otda 2017
Sidoarjo, Dharapos.com
Keberhasilan Gubernur Papua, Lukas Enembe, S.IP, MH kembali menerima penghargaan dari Pemerintah pusat bukan tanpa alasan.

Kemampuan pria asal Pegunungan Tengah ini dalam menangani daerah terisolir di provinsi paling timur Indonesia inilah yang mengantarkannya meraih penghargaan dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI.

Pasalnya, tantangan terbesar yang harus dihadapinya karena Papua menjadi salah satu provinsi yang hingga kini masih mengandalkan pesawat terbang sebagai alat transportasi untuk akses ke beberapa daerah.

Penghargaan tematik Otonomi daerah ini diberikan kepada provinsi maupun kabupaten/kota yang menunjukkan hasil karya tertinggi pelaksanaan Pembangunan Lima Tahun dalam rangka meningkatkan kesejahteraan seluruh rakyat.

Penghargaan penanganan daerah terisolir di daerah Otonomi Khusus/ Istimewa Tahun 2017 ini diserahkan secara langsung oleh Direktur Jenderal Otonomi Daerah (Otda) Kemendagri, DR. Sonny Sumarsono mewakili Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo yang diterima oleh Kepala Kantor Badan Penghubung Provinsi Papua di Jakarta, Alex Kapisa mewakili Gubernur Papua, Lukas Enembe,SIP,MH.

Dirjen Otda Kemendagri RI, DR Sonny Sumarsono mengungkapkan bahwa penghargaan yang diberikan kepada daerah yang mampu mengimplementasikan Otonomi Daerah dengan baik, dimana daerah telah mampu menjalankan Otda dengan baik.

"Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi kepada daerah yang mampu mengimplementasikan Otonomi Daerah dengan baik, kami harapkan agar semangat Otda ini hendaknya menjadi komitmen dalam pelayanan publik dalam konteks penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan pembinaan kemasyarakatan di daerah masing-masing," ungkapnya saat memberikan sambutan.

Apa yang ditunjukan oleh provinsi,kabupaten/kota, ujar Sumarso, tidak terlepas dari kerja keras yang dilaksanakan provinsi maupun kabupaten/kota.

"Apa yang telah diraih oleh provinsi, kabupaten/kota ini merupakan gambaran kinerja keberhasilan secara nasional,"ujarnya.

Sumarsono dengan lugas memuji beberapa daerah Otonomi Khusus seperti Papua, DI Yogyakarta dan Nanggroe Aceh Darusalam.

"Kalau Papua bisa, Yogyakarta bisa, Aceh bisa kenapa daerah lain tidak bisa, ini cerminan buat Indonesia," dorongnya.

Otonomi Award ini diharapkan menjadi motivasi bagi daerah untuk bagaimana bisa meningkatkan kinerja pelayanan, terutama dalam mengimplementasikan Otda dengan baik.

"Harus ada komitmen yang kuat untuk bagaimana meningkatkan kinerja pelayanan,"kata Sony Sumarsono.

Sementara itu, Kepala Kantor Badan Penghubung Provinsi Papua di Jakarta, Alex Kapisa mewakili Pemprov Papua menyampaikan terima kasih atas pemberian penghargaan bagi Gubernur Papua, mengingat di era kepemimpinan Gubernur Papua, Lukas Enembe,SIP,MH dan Wakil Gubernur, Klemen Tinal,SE,MM, ada sebuah harapan untuk menjangkau masyarakat Papua yang berada di daerah terisolir.

"Ini merupakan sebuah motivasi bagi Papua, terutama di era pak Gubernur, Lukas Enembe dan Wakil Gubernur, Klemen Tinal, pemerintah telah berupaya membuka keterisolasian daerah dengan menjangkau masyarakatnya,"jelasnya.

(Piet)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Utama

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga