Jelang 1 Mei, Polres Fakfak Gelar Apel Siaga

Kepolisian Resort Kabupaten Fakfak, Minggu (30/4) menggelar apel siaga menindaklanjuti instruksi Kapolda Papua Barat.
Share it:
Baliho peringatan 1 Mei, Hari Kembalinya Papua ke angkuan NKRI ke 54, 1 Mei 2017
Fakfak, Dharapos.com
Kepolisian Resort Kabupaten Fakfak, Minggu (30/4) menggelar apel siaga menindaklanjuti instruksi Kapolda Papua Barat.

Apel siaga jelang 1 Mei ini digelar di Jalan Reklamasi (Jln.Salasa Namudat/Jln Baru) Fakfak dalam rangka Hari Buruh Nasional dan momen peringatan kembalinya Papua ke pangkuan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Bahwa menjelang 1 Mei secara khusus di Papua selain memperingati hari Buruh, juga kita melakukan kegiatan antisipasi kelompok-kelompok masyarakat yang berseberangan dengan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” ungkap Kapolres Fakfak AKBP. Gazali Ahmad yang dikonfirmasi Dharapos.com, Minggu malam (30/4).

Apel siaga tersebut, lanjut dia, telah dimulai sejak pukul 20.00 WIT dengan jumlah kekuatan lebih kurang 200 personel yang disiagakan mulai malam ini hingga besok pagi.

Selain apel siaga, seluruh personel yang terlibat sesuai surat perintah pelaksanaan pengamanan dari Kapolda
Papua Barat juga akan melaksanakan beberapa kegiatan yang bersifat preventif seperti  menggelar razia di beberapa tempat atau jalan.

“Memang kita menjaga agar kelompok-kelompok masyarakat yang bertentangan dengan NKRI tidak memanfaatkan momen 1 Mei. Ini yang harus kita antisipasi mulai dari malam ini sampai besok pagi,” terangnya.    

Kapolres merincikan ada beberapa titik yang sudah ditentukan khususnya di dalam Kota Fakfak mulai dari arah pintu-pintu masuk seperti dari arah Kokas maupun dari arah seberang.

Kapolres Fakfak AKBP. Gazali Ahmad (kiri) didampingi Wakapolres Kompol. Abdul Thalib Ayuba (tengah)
saat memantau pelaksanaan Apel Siaga jelang 1 Mei yang digelar personel Polres Fakfak
“Juga di dalam kota, ada beberapa titik yang harus kita atensi sehingga rasa aman dan tertib masyarakat di Papua Barat khususnya di Kabupaten Fakfak ini dapat kita ciptakan,” tandasnya.

Terkait masa berlaku apel siaga ini, Kapolres memastikan hal itu berlaku mulai diterbitkannya surat perintah siaga satu oleh Kapolda Papua Barat mulai tadi sore pukul 16.00 WIT.

“Dan hingga saat ini belum ada pencabutan dari Polda Papua Barat sehingga kita masih tetap siaga satu,” urainya.

Sementara itu, disinggung soal adakah momen 1 Mei ini diperingati dengan menggelar berbagai kegiatan oleh Polres setempat, Kapolres membenarkan itu.

“Betul sekali karena ini momen kembalinya Papua ke NKRI sehingga kita perlu memperingatinya semeriah mungkin sebagai rasa syukur kita,” cetusnya.

Adapun beberapa kegiatan yang pihaknya lakukan diantaranya, lomba perahu hias dan dayung dengan mengusung tema bernuansa “Merah Putih” yang akan digelar Senin (1/5).

Hadiah juga telah disiapkan bagi para pemenang dan juga Door Prize bagi para pengunjung.  

Kapolres pada kesempatan tersebut mengajak seluruh masyarakat Papua Barat khususnya di Kota Fakfak untuk menyambut dengan rasa syukur dan penuh sukacita atas kembali Papua dan Papua Barat ke pangkuan NKRI, 1 Mei 2017.

“Mari kita ingat kembali sejarah bahwa saat itu, 1 Mei 1963 Pejuang-pejuang, senior-senior maupun para orang tua kita dulu demi merebut kembali tanah Papua dengan pengorbanan harta, jiwa dan raga,” bebernya.

Perwira dengan dua melati di bahunya ini juga tak lupa mengingatkan masyarakat selaku penerus perjuangan untuk mengisi kemerdekaan melalui pembangunan baik sumber daya manusia, ekonomi maupun sektor lainnya demi kesejahteraan besama.

(Nus) 
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Papua

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga