Kebijakan Otda Harus Fokus Tingkatkan Kesejahteraan Rakyat

Dalam pelaksanaan otonomi daerah, Pemerintah harus senantiasa fokus pada upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat.
Share it:
Gubernur Papua Lukas Enembe dan sejumlah kepala daerah lainnya selaku penerima penghargaan Otda 2017 
Sidoarjo, Dharapos.com
Dalam pelaksanaan otonomi daerah, Pemerintah harus senantiasa fokus pada upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Untuk itu, Pemerintah daerah baik provinsi maupun kabupaten/kota di seluruh Indonesia diminta untuk meningkatkan kinerja dalam penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan pembinaan kemasyarakatan.

Demikian diungkapkan oleh Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) RI, Wiranto ketika memberikan sambutan puncak acara Hari Otonomi Daerah (Otda) Nasional XXI di Alun-Alun Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, Selasa (25/4).

Diantaranya, melalui peningkatan kualitas pelayanan publik, peningkatan pemberdayaan masyarakat, dan peningkatan daya saing ekonomi daerah.

“Inilah tujuan utama dari otonomi daerah yang harus menjadi prioritas kebijakan daerah pada setiap Pemerintah daerah di Indonesia,”ungkapnya.

Wiranto menjelaskan bahwa tema Hari Otonomi Daerah ke-XXI tahun 2017 yakni  dengan semangat otonomi daerah, kita tingkatkan kinerja pelayanan publik melalui E-Goverment ini memiliki 4 makna pokok yakni  pelaksanaan otonomi daerah harus mampu meningkatkan kinerja pelayanan publik sesuai dengan kepentingan masyarakat.

“Selain itu upaya pelayanan publik, harus dikelola berbasis teknologi informasi dan komunikasi atau e-goverment, agar masyarakat dapat memperoleh informasi secara mudah, cepat, tepat tentang prosedur pelayanan publik yang disediakan daerah,”bebernya.

Menurutnya, ketepatan dalam penyediaan pelayanan publik berbasis e-Goverment, membutuhkan kemampuan dan integritas yang tinggi dari setiap aparatur pemerintah daerah dan upaya ini diharapkan mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik dan aparatur pemerintah daerah yang bersih.

Sementara itu, Dirjen Otonomi Daerah (Otda), Kementerian Dalam Negeri RI, DR Sonny Sumarsono
menyebutkan bahwa peringatan Hari Otda ini merupakan momentum untuk melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan Otda di daerah sejauh ini, dimana secara umum belum seluruh daerah mampu melaporkan dengan baik Evaluasi Kinerja Pemerintahan Daerah (EKKPPD) yang merujuk pada Indikator Kinerja Kunci (IKK) dan Laporan Penyelenggara Pemerintah Daerah (LPPD) sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 3 Tahun 2007.

“Harapan kami agar daerah-daerah yang mendapat predikat terbaik seperti Jawa Timur ini perlu untuk ditingkatkan, sementara itu daerah yang belum maksimal dapat bekerja lebih maksimal agar LPPD yang dilaporkan dapat mengalami peningkatan,”sebutnya.

Sumarsono mengharapkan kepada pemerintah daerah baik provinsi maupun kabupaten/kota tetap memperhatikan waktu penyerahan LPPD yakni setiap tanggal 31 Maret  tahun berjalan.

”Dengan sistem e-Goverment ini kita harapkan , penyusunan LPPD ini bisa lebih maksimal, apalagi kan ditunjang oleh sumber daya manusia yang mumpuni,”bebernya.

Senada dengan itu, Gubernur Papua, Luka Enembe,SIP,MH berkomitmen untuk memperbaiki LPPD Provinsi Papua yang belum menunjukan peningkatan signifikan.”Kita harapkan dengan SDM yang ada kita mampu untuk meningkatkan LPPD, terutama beberapa daerah di Papua yang sering terlambat dalam penyampaian LPPD,”ungkapnya.

Lukas menambahkan bahwa di era e-Goverment, tentu Pemprov Papua berkomitmen untuk meningkatkan pelayanan publik kepada masyarakat, apalagi pihaknya  beberapa waktu lalu telah melaunching dan resmi mengimplementasikan e-Goverment di lingkungan Pemprov Papua.

(Piet)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Utama

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga