Maknai HUT Kartini 138, GOW Kota Jayapura Ziarah ke TMP Waena

Momen Hari RA. Kartini yang di rayakan pada hari ini tepat 21 April 2017, dimaknai Gabungan Organisasi Wanita ( GOW ) Kota Jayapura, dengan melakukan ziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Waena, Jumat (21/4).
Share it:
Peletakan krans bunga di tugu TMP Waena oleh Wakil Ketua GOW, Ny. Zubaidah Amir 
Jayapura, Dharapos.com 
Momen Hari  RA. Kartini yang di rayakan pada hari ini tepat 21 April 2017, dimaknai  Gabungan Organisasi Wanita ( GOW ) Kota Jayapura, dengan melakukan  ziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Waena, Jumat (21/4).

Ziarah ini merupakan rangkaian kegiatan peringatan HUT RA Kartini yang dikemas oleh organisasi perempuan setempat.

Momen tersebut dipimpin langsung Wakil Ketua GOW Kota Jayapura, Zubaidah Amir, yang di awali dengan mengheningkan cipta dan peletakan krans bunga di tugu TMP dan selanjutnya dilakukan penaburan bunga.

Selain memanjatkan doa bersama, kegiatan ini juga sebagai bagian dari mengenang jasa RA. Kartini guna memotivasi anggota GOW Kota Jayapura dalam melanjutkan perjuangan sang srikandi Indonesia ini.

Tabur bunga bersama di salah satu pusara
“Kita sebagai penerus Kartini di jaman sekarang harus bisa meniru semangatnya dalam memperjuangkan hak-hak perempuan. Jadikan Kartini sebagai penyemangat perjuangan perempuan dalam keikutsertaan membangun bangsa, khususnya Kota Jayapura,” dorong  Ny. Zubaidah Amir usai melakukan upacara dan ziarah.

Upaya RA Kartini sebagai pendobrak gerakan emansipasi wanita, di era sekarang ini sudah makin membuka ruang bagi kaum wanita untuk memiliki peran yang setara dengan kaum pria.

GOW Kota Jayapura, sambung dia, sangat berperan aktif dalam membantu Pemerintah setempat khusus
dalam membangun dan memberikan motivasi kepada kaum perempuan.

Lanjutnya, ada beberapa program yang sudah di tetapkan dan pada Sabtu (22/4) besok yang merupakan hari akhir pelaksanaan kegiatan GOW akan dilaksanaan ibadah Paskah di Kampung Kayo Pulau.

Kepada Dispora Kota Jayapura, Ny. Yakomina Rumbiak turut menabur bunga di pusara lainnya
“Setiap tahun GOW Kota Jayapura melaksanakan upacara di TMP dan Ziarah ke Taman Makam
Pahlawan,tentu untuk mengenang para pahlawan yang telah berjuang mempertahankan kemerdekaan teristimewa kaum wanita,” lanjut Ny. Zubaidah seraya menambahkan di momen Hari Kartini ini juga merupakan masa akhir dari kepengurusan dirinya bersama para rekannya.

“Sampai dengan saat ini, sebanyak  27 organisasi aktif terlibat dalam program dan kegiatan GOW Kota Jayapura,” tukasnya.

Ketua Panitia, Yosina Sibi juga mengaku bangga dengan berdirinya GOW di Kota Jayapura tentu bisa

“Mereka merangkul kami semua perempuan yang ada di Kota Jayapura dari berbagai latar belakang kehidupan adat istiadat yang berbeda,” pujinya.

Yosina mengaku tidak pernah mengalami hal seperti ini selama berkutat dalam kegiatan organisasi perempuan.

Para anggota berbagai organisasi perempuan di Kota Jayapura
“Kami bersyukur kepada Tuhan karena organisasi ini ada untuk merangkul kami sehingga lewat organisasi ini kami bisa ada dan saling memberikan motivasi diantara sesama perempuan yang ada  di Kota Jayapura,” ucapnya.

Yosina  juga merasa bangga karena tahun ini, dirinya mendapat kepercayaan untuk menjadi ketua panitia perayaan dan bagi dia, kepercayaan ini merupakan salah satu hal yang luar biasa dan kami siap untuk melaksanakan amanah tersebut.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kota Jayapura, yang  selama ini mengayomi kami. Dan apa yang diperjuangkan RA Kartini telah membuat kami bisa keluar dari ketertinggalan dan dari kaum lelaki,” tandasnya.

Yosina juga pada kesempatan tersebut menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana Kota Jayapura yang selalu membantu memberikan pandangan-pandangan dan spirit.

(HAR)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Kota Jayapura

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga