Mei, DPMPTSP Kota Jayapura Berlakukan Tanda Tangan Digital

Pemerintah kota melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Jayapura akan menggunakan tanda tangan digital dan QR code sebagai pengamanan bagi semua dokumen perizinan.
Share it:
Yohanis Wemben
Jayapura, Dharapos.com 
Pemerintah kota melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Jayapura akan menggunakan tanda tangan digital dan QR code sebagai pengamanan bagi semua dokumen perizinan.

Direncanakan pemberlakuan program ini akan dimulai pada Mei mendatang sebagai bagian dari upaya untuk mempercepat proses perizinan.

“Pemberlakukan itu akan dilakukan usai pelantikan Wali Kota DR. Benhur Tomi Mano. Karena beliau sendiri yang akan melaunching sistem penandatanganan digital dengan pengaman Kiarkot yang direkomendasi KPK RI,“ terang Kepala DPMPTSP Kota Jayapura, Yohanis Wemben, diruang kerjanya, Rabu (19/4).

Penandatanganan sistem digital dan QR code ini, adalah merupakan rekomendasi dari Komisi Pemberantasan Korupsi RI dengan tujuan untuk mempercepat proses perizinan.

Dalam prosesnya, walaupun kepala dinas tidak berada di tempat namun penandatanganan digital akan berlaku untuk memudahkan masyarakat yang mengurus izin.

Untuk itu, semua izin yang dikeluarkan sudah merupakan rekomendasi dari KPK dan saat ini baru menggunakan barcode. Namun berdasarkan rekomendasi KPK, akan digunakan QR Code sebagai pengaman dokumen perizinan agar tidak terjadi pemalsuan.

Selain itu juga, pengurusan izin untuk DPMPTSP masih terpisah dan belum dilakukan secara pararel seperti pengurusan surat izin tempat usaha dan surat izin usaha perdagangan walau bersamaan masuk namun dalam proses tetap terpisah.

“Perbedaan tersebut apabila ada perbedaan kegiatan atau ada penambahan sub bidang maka akan diproses sesuai dengan usulan tadi. Seperti ada penambahan bidang usaha pada SIUP maka disesuaikan dengan Kualifikasi Baku Lingkungan Usaha Indonesia,” terangnya.

Karena itu, penyesuaian terus dilakukan menindaklanjuti rekomendasi KPK.

Ditambahkan, untuk daerah lain juga bisa melakukan tugas belajar di DPMPTSP Kota Jayapura dengan sistem Amati Tiru dan Modifikasi (ATM).

(HAR)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Kota Jayapura

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga