Mental Karekter Keluarga Jadi Penentu Kualitas SDM

Mental Karekter Keluarga Jadi Penentu Kualitas SDM
Share it:
Sosialisasi Kebijakan Strategis Pembinaan Ketahanan Keluarga BKB, BKR, BKL dan UPPKS. oleh
Pemkot 
 melalui Dinas PPPA – KB, bertempat di aula SMK Negeri 3 Jayapura, Selasa (11/4)
Jayapura, Dharapos.com
Pengembangan mental karakter dan moral anggota komponen keluarga sangat menentukan akan kualitas sumber daya manusia di masa depan.


Untuk  itu, maka perlu dijaga agar menjadi keluarga yang tangguh dan dapat bertahan dalam menghadapi dinamika kehidupan.

“Upaya pembangunan kualitas sumber daya manusia merupakan proses jangka panjang yang dimulai dari keluarga bahkan sejak anak mulai berada dalam kandungan," demikian sambutan  Penjabat Wali Kota, yang diwakili Sekretaris Daerah Kota Jayapura, Rasmus D. Siahaya, SH, MM, pada acara Sosialisasi Kebijakan Strategis Pembinaan Ketahanan Keluarga BKB, BKR, BKL dan UPPKS. oleh Pemerintah Kota melalui Dinas PPPA – KB, bertempat di aula SMK Negeri 3 Jayapura, Selasa (11/4).

Dikatakan, program Keluarga Berencana (KB) yang dilaksanakan secara terpadu dengan program sektor terkait telah berupaya memberikan pemahaman agar pasangan suami istri dapat merencanakan kapan mulai mempunyai anak, berapa jumlah, maupun berapa jarak antara satu anak dengan yang lain.

“Anak yang dilahirkan diharapkan akan menjadi anak-anak yang sehat dan kuat, dan keluarga merupakan lingkungan pertama serta utama bagi anak dalam beradaptasi dengan lingkungan tempatnya mencontoh dan meneladani sikap dan perilaku serta pembentukan kepribadiannya,” urainya.

Keluarga, cetus Penjabat, juga sebagai wahana untuk memberdayakan lansia sehingga mereka merasa tidak menjadi beban pembangunan .

Peserta sosialisasi
Lanjutnya, salah satu upaya untuk meningkatkan cara kehidupan ekonomi keluarga adalah dengan membangun usaha.

Dimana perilaku kewirausahaan mempunyai kaitan yang erat dengan kelompok usaha peningkatan keluarga sejahtera dalam melakukan kegiatan ekonomi produktif sehingga keluarga kecil yang bahagia, sejahtera dan mandiri dapat terwujud.

“Seluruh kader dan anggota harus memiliki wawasan kebijakan strategis dalam membina ketahanan keluarga sebagai implementasi terwujudnya keluarga yang ulet dan tangguh guna hidup mandiri serta meningkatkan kesejahteraan dan kebahagiaan,” tukasnya.

Di saat yang sama, Kepala Bidang Keluarga Berencana, Aisyah Bustaman saat membacakan laporan Kepala Dinas PPPA dan KB Kota Jayapura menjelaskan sosialisasi ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan pengetahuan pengelola maupun anggota kelompok guna menjaga ketahanan, keindahan, dan kemandirian keluarga dengan tema “Wujudkan Keluarga Kecil yang Bahagia, Sejahtera dan Mandiri”.

Peserta pada sosialisasi ini berjumlah 150 orang yang terdiri dari kader BKB 60 orang, kader BKR 10 orang, kader BKL 20 orang dan anggota UPPKS 60 orang

Sosialisasi ini menghadirkan nara sumber dari Dinas PPPA dan KB Kota Jayapura dengan judul materi “Ketahanan Keluarga Berwawasan Gender “.

Sementara pemateri dari BKKBN Provinsi Papua mengangkat materi bimbingan dan pembinaan tribina dan materi UPPKKS.

(HAR)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Kota Jayapura

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga