Satgas TMMD – Dispar Yapen Kembangkan Potensi Wisata Kp. Serewen

Mengambil lokasi di lapangan SD YPK Eben Heazer Kampung Serewen, Distrik Poom, Kabupaten Kepulauan Yapen, Satuan Tugas Satgas TNI Manunggal Kodim 1709/Yawa bekerja sama dengan Dinas Pariwisata setempat menggelar penyuluhan pariwisata.
Share it:
Satgas TMMD Kodim 1709/Yawa bekerja sama dengan Dinas Pariwisata Kepulauan Yapen
menggelar penyuluhan pariwisata di Kampung Serewen 
Yapen, Dharapos.com
Mengambil lokasi di lapangan SD YPK Eben Heazer Kampung Serewen, Distrik Poom, Kabupaten Kepulauan Yapen, Satuan Tugas (Satgas) TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Kodim 1709/Yawa bekerja sama dengan Dinas Pariwisata setempat menggelar penyuluhan pariwisata.


Kegiatan tersebut menjadi salah satu upaya Satgas TMMD dalam rangka pengembangan potensi pariwisata di Kampung Serewen yang dikenal  pesona alam dan masyarakat yang terdiri dari adat istiadat, budaya, flora dan fauna hingga kuliner atau makanan khas setempat.

“Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa Papua merupakan salah satu wilayah yang memiliki potensi wisata alam dan budaya yang masih terjaga kelestariannya, sehingga hal ini dapat menjadi daya tarik bagi para wisatawan untuk berbondong-bondong datang dan menyaksikan keindahan alam yang ada di sini termasuk di Kampun Serewen,” urai Kepala Dinas Pariwisata Kepulauan Yapen Welem Saman Bonay saat menyampaikan materi penyuluhan pariwisata.

Dengan adanya kegiatan penyuluhan pariwisata ini diharapkan agar dapat membangun kesadaran masyarakat dan generasi muda akan arti pentingnya sektor pariwisata sebagai salah satu sektor unggulan dalam meningkatkan perekonomian di suatu daerah.

“Penyuluhan pariwisata yang dilaksanakan kali ini diharapkan dapat menambah wawasan masyarakat Kampung Serewen sehingga para wisatawan yang datang di Kampung ini mendapatkan kenyamanan dan kenangan yang baik ketika mereka kembali dari tempat ini,” lanjut Bonay.

Hal ini dapat dilakukan dengan cara memberikan kesan yang baik kepada para wisatawan, salah satunya dengan keramahan masyarakat, mudah senyum dan tegur sapa.

“Kemudian kita tata kembali lingkungan alam kita agar terlihat lebih indah lagi sehingga dapat menjadi daya tarik tersendiri kepada masyarakat luar,” tukasnya.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Staf Kodim 1709/Yawa Mayor Inf Y. Menri S.Allo. SE, Dandenkesyah Biak Mayor Ckm Warsono, Kabag Ops Polres Kepulauan Yapen Kompol Aswadi, Bamuskam Kampung Serewen John Waimury, para tokoh adat dan tokoh masyarakat serta seluruh masyarakat Kampung Serewen yang turut hadir dalam mengikuti penyuluhan tersebut.

Bakti sosial pengobatan massal juga digelar  dalam rangka mewujudkan program “Indonesia Sehat
Sebelumnya, Satgas TMMD Kodim Yawa juga menggelar bakti sosial pengobatan massal di Kampung Serewen dalam rangka mewujudkan program “Indonesia Sehat” khususnya di daerah terpencil, perbatasan dan kepulauan serta krisis kesehatan.

Tak tanggung-tanggung, dalam kegiatan non fisik yang berlangsung Jumat (14/4), Satgas TMMD menggandeng Kementrian Kesehatan RI.

Masyarakat pun antusias menyambut kegiatan ini dengan mendatangi lokasi bakti sosial pengobatan massal tersebut.

Selain sebagai bentuk kegiatan sosial,  pengobatan massal ini juga bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi dan hubungan antara TNI dengan masyarakat.

Dari hasil pengobatan massal tersebut, masyarakat Kampung Serewen khususnya dewasa pada umumnya menderita Melgia atau badan terasa capek-capek dan sering lelah serta tulang-tulang terasa nyeri (Atritis) yang disebabkan oleh faktor lingkungan dan pekerjaan sehari-hari sebagai nelayan.

Sementara, untuk anak-anak rata-rata menderita Infeksi Saluran Pernafasan Atas (ISPA).

Ditemukan pula, salah satu masyarakat yang menderita penyakit syaraf tetapi melalui anjuran Dokter dirujuk ke RSUD Serui agar dapat ditangani lebih lanjut.

Kegiatan bhakti sosial pengobatan massal yang bertempat di halaman SDN Serewen dihadiri Dandenkesyah 17.04.03 Biak Mayor Ckm Warsono bersama dengan Serda L. Upuya. Sementara, dari Kemenkes RI, Zulkarnain dan Viki Sahrial, Kasdim 1709/Yawa Mayor Inf Yulius Menri Sarungallo S.E, Pasiter Dim 1709/Yawa Kapten Inf Budi Hermanto, Dinas Kesehatan Yapen Yohanis Woisiri, RSUD Kep. Yapen Dr. Matheis Tanati, Kabag Ops Polres Kep. Yapen Kompol Asmadi, Pustu Kpg Serewen Nurul Kholifah dan Fery Bebari Serta dari Poskes Kodim 1709/Yawa Serka Saidi dan Praka Muchsin.

(Piet)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Daerah

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga