Sempat Terkendala Koneksi, Hari Pertama UNBK di Kota Jayapura Berjalan Lancar

Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) untuk tingkat SMA di Kota Jayapura resmi di mula hari ini, Senin (10/4) sebagaimana daerah lainnya di seluruh Indonesia.
Share it:
Sekda Kota Rasmus D. Siahaya, saat memantau pelaksanaan UNBK di SMA Gabungan Jayapura 
Jayapura, Dharapos.com 
Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) untuk tingkat SMA di Kota Jayapura resmi di mula hari ini, Senin (10/4) sebagaimana daerah lainnya di seluruh Indonesia.

Dan untuk memberikan suport kepada pihak sekolah terutama para peserta didik, maka Pemerintah Kota melalui Sekretaris Daerah Kota Jayapura, Rasmus D. Siahaya, SH, MM didampingi Kepala Dinas Pendidikan Kota Jayapura, I Wayan Mudiyasa, S.Pd, M.MPd melakukan pemantauan di beberapa sekolah.

Diantaranya, SMA Negeri 2 Jayapura, SMA Gabungan, SMA Satria dan SMA 45 Kota Jayapura.

Pantauan media ini, pelaksanaan UNBK yang rencananya di mulai pada pukul 07.30 WIT mengalami keterlambatan akibat belum terkoneksi dengan jaringan di pusat sehingga berdampak pada keterlambatan keluarnya token siswa.

Namun, akhirnya tepat pukul 08.17 WIT baru terkoneksi yang ditandai dengan keluarnya token siswa sehingga UNBK sebagaimana terpantau pelaksanaan di SMA Gabungan berjalan lancar.

Kepala SMA Gabungan Jayapura, Sandra Titihalawa, S.Pd, M.Si, yang dikonfirmasi mengakui pelaksanaan hari pertama UNBK sempat mengalami kendala dengan adanya keterlambatan keluarnya token siswa.

“Tapi syukurlah karena akhirnya pada pukul 08.17 WIT tadi, jaringan mulai terkonek dengan pusat dan token siswa sudah bisa keluar,” ucapnya.

Dirincikan, untuk peserta UNBK tahun tahun 2017 disekolah ini, sebanyak 114 peserta yang pelaksanaannya dibagi dalam 3 sesi yang bisa dilalui dengan baik.

Titihalawa juga  mengharapkan dukungan dari para orang tua siswa dalam pelaksanaan UNBK karena ujian nasional saat ini berbasis komputer.

“Orang tua siswa juga dapat memperhatikan dan memback-up anak-anak sehingga mereka  tidak  terlambat datang ke sekolah untuk mengikuti UNBK. Karena apabila siswa datang terlambat maka akan mempengaruhi sistem yang ada,” tukasnya.

Sekda Kota Jayapura, Rasmus D. Siahaya, SH, MM mengatakan UNBK untuk tingkat SMA se Kota Jayapura telah dimulai Senin (10/4) dengan jumlah peserta sebanyak 3.180 siswa.

“Semua persiapan dilakukan secara maksimal sehingga hasil pantauan pelaksanaan sudah berjalan dengan baik,” cetusnya  saat  melakukan pantauan di SMA Gabungan Jayapura .

Meski sempat molor akibat adanya kendala soal koneksitas dengan pusat namun secara keseluruhan berjalan dengan baik.

Terkait UNBK ini, Sekda mengakui peserta sangat senang mengikuti UN menggunakan komputer

“Saya melihat bahwa di sini ada beberapa aspek yang sangat menguntungkan yakni dari sisi penyesuaian anak-anak kita lebih cepat karena mendorong anak-anak untuk menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi yang ada,” urainya.

Dari aspek efisiensi UN, sambung Sekda, menggunakan komputer ini sangat efisien.

“Hari ini berbeda dengan ujian-ujian nasional zaman dulu di mana kita mengikuti persiapan yang cukup memakan waktu dengan mempersiapkan soal ujian bahkan harus mengangkat materi-materi soal berkarton-karton,” bebernya seraya menambahkan bahkan pengawas ujian nasional juga sangat banyak di setiap sekolah.

Namun UNBK, dibutuhkan hanya 5 sampai 6 orang pengawas karena memang pada titik-titik tertentu saja.

“Pengawasan saat ini tidak seperti dulu karena hanya melihat apakah proses pelaksanaan mengalami gangguan ataukah tidak. Dan ini sangat baik, hanya saja yang terpenting kita menjaga kemampuan bandwidth dari sinyal sehingga diharapkan untuk tidak terganggu karena situasi alam,” tandasnya.

Ditambahkan, untuk Kota Jayapura terkait koordinasi untuk pelaksanaan UN BK dilakukan dengan sangat matang. Tentunya dalam hal ini, sinergitas Pemkot bersama pihak PT. Telkom dan PT. PLN (Pesrsero)  Area Jayapura.

Bahkan PLN dan Telkom dalam pelaksanaan UNBK mulai dari SMK yang sudah berakhir hingga SMA saat ini, terus siaga satu untuk melihat perkembangan dan sampai saat ini tidak ada halangan.

Sekda juga meminta anak-anak dalam menghadapi UNBK tetap semangat dan enjoy dengan situasi yang menyenangkan.

Sehingga apa yang telah diperoleh selama beberapa waktu melalui proses belajar mengajar ketika diperhadapkan dengan soal UN maka dengan tenang dan santai bisa menjawab semua soal yang ada

Sekda berharap hasil UNBK tingkat SMA/SMK di Kota Jayapura akan lulus 100 persen.

Ditambahkan juga persiapan untuk UNBK di Kota Jayapura cukup baik karena berbagai stakeholder ikut mendukung termasuk peran serta masyarakat melalui orang tua.

Pasalnya, saat sosialisasi UNBK dilakukan komite sekolah sangat proaktif dalam memberikan informasi dan penjelasan kepada orang tua bahkan sebaliknya orang tua juga memberikan apresiasi untuk itu.

Bahkan, ada beberapa sekolah yang mendapat bantuan komputer hingga 40 unit.

“Oleh karena itu, Pemerintah kota memberikan apresiasi kepada peran serta orang tua dan mengucapkan terima kasih,  sehingga ke depan kita ikut untuk mendorong hal ini secara berkelanjutan,” tukasnya.

(HAR)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Kota Jayapura

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga