Tim BTKL Ambon Kunjungi Sejumlah Sekolah dan OPD di Kota Jayapura

Tim dari Balai Teknik Kesehatan Lingkungan (BTKL) Ambon yang memiliki tanggung jawab dalam program Pencegahan Pengendalian Penyakit (P2P) mendatangi sekolah-sekolah baik SMP maupun SMA dik Kota Jayapura, Rabu (19/4).
Share it:
Tim BTKL Ambon saat berdiskusi dengan Ketua dan Kepala SMP Kalam Kudus Kota Jayapura
Jayapura, Dharapos.com 
Tim dari Balai Teknik Kesehatan Lingkungan (BTKL) Ambon yang memiliki tanggung jawab dalam program Pencegahan Pengendalian Penyakit (P2P) mendatangi sekolah-sekolah baik SMP maupun SMA dik Kota Jayapura, Rabu (19/4).

Kedatangan tim tersebut adalah untuk mereview implementasi kebijakan kawasan tanpa rokok khususnya dengan mengamati langsung pemberlakuan kawasan tanpa rokok pada sekolah.

Pantauan media ini, tim yang beranggotakan 3 personil tersebut di pimpin oleh Fredi Adriaaansz, SKM, mengawali kunjungannya ke SMP Kalam Kudus dan SMP Negeri 3 Kota Jayapura.

“Wilayah kerja balai ini yaitu Provinsi Maluku, Papua dan Papua Barat di mana salah satu kegiatan yang berkaitan dengan tupoksi kantor yaitu implementasi review kawasan tanpa rokok dengan sasaran sekolah maupun beberapa OPD di lingkup Pemerintah Kota Jayapura,” urai Fredi  kepada media ini, saat berada di SMPN 3 Jayapura.

Implementasi kawasan tanpa rokok di Yayasan Kalam Kudus sesuai dengan interview dan pengamatan langsung di sekolah sangat baik bahkan pemberlakuannya sudah berlaku sejak lama.

“Artinya pemberlakuan ini jauh sebelum regulasi peraturan Mendikbud tentang kawasan tanpa rokok berlaku,” terangnya.

Hal ini dinilainya sangat positif karena siapa pun yang berkunjung ke SMP maupun SMA Kalam Kudus khususnya terhadap mereka yang berperilaku sebagai perokok telah dihimbau lebih dahulu.

“Sehingga yang hadir untuk berurusan pendidikan dengan anak-anak atau pengurusan lain, bahkan pekerja atau buru yang dipakai untuk perbaikan sekolah pun semuanya harus bebas dari rokok,” puji Fredi.

Sementara, di SMPN 3 Jayapura berdasarkan hasil wawancara dengan pihak sekolah ternyata sudah ada himbauan bahkan pembinaan yang dilakukan cukup baik terkait pentingnya kawasan tanpa rokok di sekolah tersebut.

Begitu pula penataan kebersihan lingkungan sudah cukup baik dan dilengkapi tempat sampah yang memadai, bahkan asbak dan puntung rokok pun tidak ditemukan di sekolah SMPN 3 juga cukup bersih.

Pemerintah kota Jayapura, lanjut dia, juga telah membuat Perda kawasan tanpa rokok dan telah dicanangkan pada 2015 lalu, dan menjadi rujukan bagi pihaknya yang pada kesempatan kali ini masih berorientasi pada sekolah-sekolah dan beberapa SKPD di lingkungan Pemkot.

Sementara untuk tempat umum pihaknya belum melakukan atau berorientasi ke sana.

“Walaupun harus sampai ke fasilitas umum namun kedatangan kami kali ini sesuai dengan anggaran yang ada dan mengacu pada operasional anggaran maka kunjungan ini sasarannya di setiap sekolah dan beberapa SKPD setempat,” tukas Fredi

Ditambahkan, sebanyak  8 sekolah  masing-masing 5 SMP dan 3 SMA serta beberapa SKPD akan menjadi sasaran kunjungan.

Sementara itu, Kepala SMP Kalam Kudus, Drs. Karinsmen Purba mengapresiasi langkah yang dilakukan oleh tim Balai Teknik Kesehatan Lingkungan Ambon.

“Apa yang dilakukan sangat baik artinya kita sebagai warga sekolah harus mengerti bahwa bahaya rokok sangat tidak baik untuk kesehatan kita baik terhadap orang dewasa maupun anak-anak khususnya para pelajar,” ungkapnya.

Diakui Purba, SMP Kalam Kudus sudah memberlakukan larangan merokok di lingkungan sekolah erbukti lewat spanduk yang dipampang di bagian depan.

“Ini pun bukan untuk warga sekolah saja tapi untuk semua tamu yang berkunjung di Kalam Kudus dan kami tidak menyiapkan tempat khusus untuk merokok di kawasan sekolah,” akuinya.

Purba juga bersyukur dengan kehadiran tim BTKL Ambon karena turut mendukung pula apa yang diterapkan di SMA Kalam Kudus Jayapura.

Direktur Pelaksana Sekolah Kalam Kudus, Susanti juga menambahkan kedatangan tim dari Ambon ini adalah untuk melihat dan memastikansekolah bebas asap rokok atau tidak.

“Dan memang sekolah ini sejak awal pendirian dan selaku institusi pendidikan dan secara khusus pendidikan Kristen, kami telah menanamkan kepada seluruh warga sekolah bukan saja untuk siswa namun Guru bahkan orang tua murid dan semua tamu yang berkunjung ke sekolah ini bahwa sekolah ini adalah bebas rokok,” tukasnya.

(HAR)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Kota Jayapura

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga