UNBK SMA-SMK Lancar, Kadisdik Kota Apresiasi Semua Pihak

Keseluruhan pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer ( UNBK ) baik untuk jenjang SMA maupun SMK yang tersebar di seluruh wilayah Kota Jayapura berjalan dengan lancar.
Share it:
I Wayan Mudiyasa, S.Pd, M.Pd
Jayapura, Dharapos.com 
Keseluruhan pelaksanaan Ujian Nasional  Berbasis Komputer ( UNBK ) baik untuk jenjang SMA maupun SMK yang tersebar di seluruh wilayah Kota Jayapura berjalan dengan lancar.

Untuk itu, atas nama Pemerintah Kota, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Jayapura, I Wayan Mudiyasa,S.Pd, M.MPd, menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung kelancaran pelaksanaan UNBK di ibukota provinsi Papua tersebut.

“Secara khusus, kepada PT. PLN (Persero) Area Jayapura dan PT. Telkom selaku penyedia jasa yang juga turut mengambil bagian dan memberikan andil yang begitu besar terhadap pelaksanaan UNBK tersebut,” ucapnya kepada wartawan, Selasa (18/4)

Walau terjadi gangguan jaringan listrik yang mengakibatkan pemadaman lampu namun PLN hanya menyelesaikan itu dalam waktu 3 menit sehingga gangguan terhadap pasokan listrik bisa teratasi.

“Memang banyak kecemasan di masyarakat, orang tua siswa, para guru hingga kepala sekolah namun semuanya terjawab sudah dengan pelaksanaan UNBK yang berlangsung sukses,” cetusnya.

Diakui Kadis, walau ada beberapa kendala teknis dari pusat, seperti keterlambatan munculnya token siswa.

Begitu pula ada soal yang  tidak keluar saat sinkronisasi padahal sinkronisasi sudah dilakukan bahkan ada juga beberapa soal yang tidak keluar pada saat UNBK. Sehingga Dinas Pendidikan Kota Jayapura harus melaksanakan ujian susulan khusus pada jenjang SMK.

“Kendala ini bukan merupakan kesalahan Pemerintah Kota Jayapura tetapi human error yang terjadi dari pusat. Namun secara keseluruhan pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer Kota Jayapura tingkat SMA dan SMK berlangsung 100 persen berjalan lancar,” cetusnya.

Untuk itu, pihaknya tetap menunggu dalam waktu dua minggu ke depan hasilnya akan keluar.

“Saya mengharapkan agar kelulusan di kota Jayapura tetap 100 persen,” harap Kadis.

Terkait dengan adanya laporan 18 siswa yang tidak mengikuti UNBK, ia memastikan hanya 3 orang yang tidak mengikuti UNBK.

Sedangkan sisanya, ada yang mengalami kecelakaan selain ada yang sudah mengundurkan diri dari awal.

“Namun karena telah terdaftar dan masuk data base sebagai peserta Ujian Nasional sehingga mereka masih masuk dalam hitungan namun anak-anak ini sudah mengundurkan diri dari awal,” jelasnya.

Ditambahkan Kadis, mereka juga tidak bisa mengikuti ujian Paket C karena sudah selesai dilaksanakan.

“Padahal kami ingin mendorong mereka untuk mengikuti Paket C  tapi sampai pelaksanaan selesai anak-anak tersebut tidak mengikutinya sehingga itu menjadi kesalahan mereka dan bukan dari pihak sekolah,” tukasnya.

(HAR)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Kota Jayapura

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga