2017, K13 Serentak Diterapkan di Kota Jayapura

Menyikapi rencana penerapan Kurikulum 2013 (K13) di 2017 ini, ratusan guru SD/MI, SMP/MTs mengikuti Pelatihan Kurikulum 2013 (K13), yang digelar di SMA YPPK Taruna Dharma, Rabu (23/5).
Share it:
Ratusan guru mengikuti Pelatihan Kurikulum 2013 bertempat di Aula SMA YPPK, 23-24 Mei 2017  
Jayapura, Dharapos.com 
Menyikapi rencana penerapan Kurikulum 2013 (K13) di 2017 ini, ratusan guru SD/MI, SMP/MTs mengikuti Pelatihan Kurikulum 2013 (K13), yang digelar di  SMA YPPK Taruna Dharma, Rabu (23/5).

Workshop tersebut dilaksanakan Musyawarah Kerja Kepala-kepala Sekolah (MKKS) SMP se Kota Jayapura terkait pengembangan Instrumen penilaian hasil belajar Kurikulum 2013 (K13) untuk jenjang SD dan SMP dalam rangka Hari Pendidikan Nasional 2017.

“Kegiatan yang disponsori Masmedia Buana Pustaka ini bertujuan untuk menambah pengetahuan pada guru SD - SMP dalam pengembangan butir soal melalui evaluasi US dan USBN di Kota Jayapura,” ungkap Ketua Panitia, Liskin Napitupulu yang juga selaku Instruktur Provinsi K13.

Workshop ini dilaksanakan selama 2 hari, 23 - 24 Mei yang diikuti 220 guru SMP dan 110 guru SD.

Narasumber yang dihadirkan adalah Direktorat Pembinaan SMA (PSMA) Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI Dr. I Wayan Widana.

“Selaku stakeholder kami merasa memiliki tanggung jawab untuk memajukan pendidikan di negara kita khususnya di Papua dan lebih khusus Kota Jayapura karena kota ini merupakan barometer pendidikan di Papua,”

Pihaknya merasa bertanggung jawab untuk meningkatkan kompetensi para guru guna menyambut pelaksanaan K13 yang secara bertahap akan terus dilakukan secara serentak. Dimana pada 2017 ini, semua sekolah di Kota Jayapura akan menggunakan kurikulum 2013

Sementara itu, Kepala Cabang Penerbit Masmedia Buana Pustaka Papua dan Papua Barat, Lasdo Sitohang, S.Pd, selaku stakeholder merasa mempunyai panggilan untuk membantu menopang kegiatan ini sehingga dari awal guru-guru bisa memahami konsep K13 dan melaksanakannya.

Tuntutan pelaksanaan K13 dipersiapkan dalam rangka menghadapi era globalisasi abad ke 21. Sehingga para guru harus siap menghadapinya karena orientasinya kepada peserta didik

“Pada era modernisasi ini, semua siswa sudah harus menjadi merupakan orang-orang yang kreatif, komunikatif dan mempunyai pemikiran yang kritis. Dan semua guru, harus memiliki kompetensi yang salah satunya selain menguasai materi pelajaran juga turut menguasai aspek penilaian,” lanjutnya.

Diakuinya, mulai dari pembuatan kisi-kisi, perakitan soal sampai dengan penilaian berbasis elektronik, Kota Jayapura maju selangkah dari kabupaten lain di Papua.

“Dan Masmedia ingin berperan sebagai stakeholder atau pemangku kepentingan guna memajukan dunia pendidikan di Papua khususnya di Kota Jayapura,” tambahnya.

Diharapkan agar selesai pelatihan ini para guru yang mengikuti workshop dapat mengembangkan butir soal di sekolah yang digunakan di tingkat kota baik SD maupun SMP.

Ditambahkan K13 yang sudah laksanakan di SD dan SMP telah berjalan dengan baik.

Kegiatan ini juga merupakan hasil kerja sama Dinas Pendidikan Kota Jayapura dan Masmedia.

(Har)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Kota Jayapura

Masukan Komentar Anda:

0 comments: