ASN Harus Mampu Jadi Perekat Persatuan dan Kesatuan Bangsa

Aparatur sipil negara (ASN) sebagai unsur utama sumber daya aparatur negara mempunyai peranan yang menentukan keberhasilan penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan.
Share it:
Pencopotan tanda peserta oleh Penjabat Wali Kota menandai Diklat Prajabatan Golongan III, II dan I
Kategori 2 di lingkungan Pemerintah Kota Jayapura resmi ditutup
  
Jayapura, Dharapos.com
Aparatur sipil negara (ASN) sebagai unsur utama sumber daya aparatur negara mempunyai peranan yang menentukan keberhasilan penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan.


“Sosok ASN yang mampu memainkan peranannya mempunyai kompetensi yang dicerminkan dengan sikap dan perilaku yang setia, taat kepada negara, bermoral dan bermental baik serta profesional sehingga mampu menjadi perekat persatuan dan kesatuan bangsa,” cetus Penjabat Wali Kota, Daniel Pahabol, S.Pd, MM saat menutup Diklat Prajabatan Golongan III, II dan I Kategori 2 di lingkup Pemerintah Kota Jayapura, Selasa (2/5) yang ditandai dengan menanggalkan tanda peserta.

Olehnya itu, untuk membentuk sosok ASN, tersebut perlu laksanakan pembinaan melalui jalur pendidikan dan pelatihan yang mengarah kepada upaya peningkatan sikap dan semangat pengabdian yang berorientasi pada kepentingan masyarakat bangsa negara dan tanah air.

“Dalam hal  ini kompetensi teknis manajerial dan atau kepemimpinan yang efisiensi, efektivitas dan kualitas dalam pelaksanaan tugas yang dilakukan dengan semangat kerja sama dan tanggung jawab yang sesuai dengan lingkungan kerja organisasinya,” lanjut Penjabat.

Peranan demokratisasi yang transparan sekarang telah membuat segenap aparatur negara terus menerus disorot hingga dinilai secara kritis pada semua elemen masyarakat.

“Sehingga perlu disadari bahwa hal tersebut tidak dapat dilaksanakan secara terpisah antara masing-masing komponen bangsa melainkan kita harus mempunyai kesamaan visi dan misi dalam menyikapi hal tersebut,” sambungnya.

Penyerahan Kartu Taspen dan BPJS oleh Penjabat WaliKota
Lebih lanjut, Penjabat menguraikan, Diklat Prajabatan K2 Golongan II, II dan III yang dilakukan Pemkot Jayapura dan dilaksanakan secara khusus bertujuan memberikan pengetahuan dalam rangka pembentukan wawasan kebangsaan, kepribadian dan etika SDM untuk membangun ASN yang handal dan tangguh serta berakhlak mulia.

“Dalam sistem pemerintahan negara, di bidang tugas dan budaya organisasinya, ASN harus mampu melaksanakan tugas dan perannya sebagai pelayan masyarakat yang memiliki integritas dan rasa tanggung jawab dalam melaksanakan tugas kedinasan,” urainya.

Diklat ini memberikan pedoman dasar dan selanjutnya peserta dengan sendiri akan mengembangkannya dalam pelaksanaan pada tiap-tiap satuan kerja masing-masing dengan tidak menimbulkan pandangan kurangnya disiplin.

Untuk itu, Penjabat meminta untuk tunjukan bahwa peserta Diklat Pim mampu memiliki komitmen dan keunggulan yang kuat dalam pengembangan untuk meningkatkan kinerja organisasi Pemkot Jayapura.

Ia juga menghimbau agar CPNS  terus mempelajari dan tetap memahami segala peraturan perundang-undangan yang berlaku termasuk Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil.

“Tidak kalah penting juga adalah saudara telah memilih mengabdi dan berkarya melalui Pemerintah kota Jayapura, maka saudara juga wajib untuk mengetahui apa yang menjadi visi dan misi Pemerintah kota Jayapura dan bersama-sama kita mewujudkannya,” tukas Penjabat.


(Har)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Kota Jayapura

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga