Besok, Pengumuman UN SMA/SMK Mendahului UNBK SMP/MTs

Pengumuman kelulusan untuk jenjang SMA dan SMK secara nasional akan dilaksanakan Selasa (2/5) secara serentak di seluruh Indonesia.
Share it:
I Wayan Mudiyasa, S.Pd, M.MPd
Jayapura, Dharapos.com 
Pengumuman kelulusan untuk jenjang SMA dan SMK secara nasional akan dilaksanakan Selasa (2/5) secara serentak di seluruh Indonesia.

Momen pengumuman kelulusan tersebut berbarengan dengan pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) Tingkat SMP Tahun 2017.

Terkait waktunya, Kepala Dinas Pendidikan Kota Jayapura, I Wayan Mudiyasa, S.Pd, M.MPd, kepada awak media, Senin (1/5) mengungkapkan pengumuman hasil UN akan dilakukan lebih awal yakni pada pukul 06.00 WIT.

“Kebijakan yang diambil Pemerintah kota melalui Dinas Pendidikan ini kami nilai sangat baik, guna meminimalisir kegiatan euforia kelulusan, aksi konvoi , aksi coret mencoret oleh siswa/siswi SMA maupun SMK. Bahkan pengumuman hasil UN juga akan dilakukan secara online dan tidak dilakukan di setiap sekolah,“ rincinya.

Lanjutnya, pengumuman hasil ujian lebih awal yang dilakukan secara online tersebut berdasarkan keputusan Pemerintah Kota, melalui Disdikbud setempat bersama seluruh kepala SMA dan SMK se-Kota Jayapura, pada pertemuan yang digelar di SMK Negeri 2 Jayapura, Senin pagi (1/5).

Bagi yang tidak lulus, Mudiyasa berpesan agar tidak perlu bersedih, karena masih ada hari esok, sedangkan bagi siswa/i yang lulus  agar tidak terlalu membanggakan diri atau sibuk dengan bereuforia.

“Kami Dinas Pendidikan selaku Pemerintah kota sangat bangga dan memberikan apresiasi kepada seluruh anak-anak di Kota Jayapura, karena mereka semua mampu melaksanakan ujian berbasis komputer,” pujinya.

Mudiyasa menyebutkan bahwa hasil UN sangat luar biasa bagus bahkan pihaknya sudah membukanya dan kemudian sudah di save ke para kepsek.

Untuk  itu, ia memperingatkan para orang tua yang buah hati duduk di bangku kelas 12 baik tingkat SMA maupun SMK, agar ikut berpartisipasi mengawasi mereka khususnya pada Selasa besok.

“Dan jangan terlalu bereuforia dan keluar jalan karena tentu akan mengganggu ketertiban masyarakat,” imbuh Mudiyasa.

Untuk  password siswa, telah dibagikan ke semua anak mulai siang hingga malam hari.
ke berapa maupun nilai UNBK akan terlihat pada empat mata pelajaran.

Sementara itu, guna mengantisipasi euforia, Dinas Pendidikan juga berkoordinasi dengan pihak Polres dan Polsek di masing-masing sektor sesuai tanggung jawab masing-masing bersama jajaran Satpol PP  Kota Jayapura guna mengatasi euforia anak-anak yang terlalu berlebihan.

Kepada peserta yang lulus, Kadis menghimbau untuk memanjatkan puji syukur kepada Tuhan bersama dengan keluarga.

“Karena masih banyak waktu yang harus diperjuangkan ke depan khususnya bagi anak-anak yang akan melanjutkan studinya,” tandasnya.

Sementara itu, Selasa (2/5) besok, tiga momen akan dilaksanakan berbarengan masing-masing pengumuman hasil UNBK tingkat  SMA/SMK, upacara Hardiknas dan pelaksanaan UNBK Tingkat SMP/MTs di seluruh Indonesia termasuk di Kota Jayapura.

Mudiyasa mengakui hal tersebut sangat luar biasa karena merupakan hari syukuran bagi dunia pendidikan karena tiga momen digabungkan bersama pada tanggal 2 Mei 2017.

“Untuk itu, kami telah membagi waktu sehingga tidak akan terjadi tabrakan waktu yang pertama pada pukul 06.00 yaitu pengumuman hasil kelulusan UN SMA/SMK,” tukasnya.

(Har)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Pendidikan

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga