Besok, UNBK Tingkat SMP Digelar

Besok tepatnya Selasa (2/5), Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama di seluruh Indonesia resmi dilaksanakan termasuk di Kota Jayapura, Provinsi Papua.
Share it:
Abdul Majid
Jayapura, Dharapos.com 
Besok tepatnya Selasa (2/5), Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama di seluruh Indonesia resmi dilaksanakan termasuk di Kota Jayapura, Provinsi Papua.

Sebanyak 4.842 siswa SMP dan Mts  yang tersebar di seluruh wilayah ibukota provinsi Papua ini bakal menjadi peserta UNBK.

“Semuanya  terurai pada 44 sekolah menengah pertama, namun  yang mandiri baru 25 sekolah sedangkan yang lainnya akan menggunakan sekolah lain (menumpang, red) di SMA/SMK untuk melaksanakan UNBK,” urai Kepala Bidang SMP Dinas Pedidikan Kota Jayapura, Abdul Majid yang dikonfirmasi, Senin (1/5).

Diakuinya, dari hasil pantauan pihaknya hingga tadi malam pukul 23.00 WIT, Minggu (30/4), semua server utama dan cadangan telah selesai sinkron.

“Artinya bahwa semua persiapan yang disyaratkan oleh BNSP sudah kami lakukan dan kita optimis mudah-mudahan pelaksanaan di jenjang SMP dan MTs ini bisa berjalan sebagaimana suksesnya pelaksanaan UNBK di tingkat SMA dan SMK,” harapnya.

Ditambahkan pula, pelaksanaan UNBK SMP besok nanti juga bertepatan dengan pelaksanaan pengumuman hasil ujian UNBK SMA dan SMK serta pelaksanaan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas)2017.

Meski demikian, pada pelaksanaan peringatan Hardiknas, seluruh kepala sekolah tetap stand-by di satuan pendidikan  masing-masing. Sedangkan Wakil Kepsek diutus untuk menghadiri acara upacara momen tersebut yang dipusatkan di lapangan upacara kantor Wali Kota Jayapura.

Lebih lanjut, ungkap Abdul, pelaksanaan UNBK untuk tingkat SMP tahun ini,berbeda dengan SMA dan SMK.

“Karena untuk ujian tingkat SMA dan SMK diawali dengan pelaksanaan dengan Ujian Sekolah Berbasis Komputer (USBK, red) sedangkan untuk ujian nasionalnya juga berbasis komputer.
Sedangkan untuk tingkat SLTP diawali dengan ujian sekolah Paper Based Test sementara ujian nasionalnya tentu berbasis komputer UNBK,” rincinya.

Terkait itu, Abdul mengakui jika hal ini merupakan hasil musyawarah pada forum Kepala SMP/MTs karena resources sumber daya komputernya relatif terbatas.

(Har)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Pendidikan

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga