BTM – HaRUS Resmi Pimpin Port Numbay

Pasangan DR. Benhur Tomi Mano, MM dan Ir. H. Rustan Saru, MM resmi memimpin Kota Jayapura sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota.
Share it:
Gubernur Lukas Enembe, SIP, MH saat menyematkan tanda kepangkatan kepada Wali Kota
Jayapura DR. Benhur Tomi Mano, MM pada momen pelantikan, Senin (22/5) 
Jayapura, Dharapos.com 
Pasangan DR. Benhur Tomi Mano, MM dan Ir. H. Rustan Saru, MM resmi memimpin Kota Jayapura sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota.

Hal tersebut dipastikan setelah Gubernur Papua Lukas Enembe , S.IP, MH melantik pasangan yang dikenal dengan jargon BTM – HaRUS ini untuk memimpin negeri berjuluk Port Numbay tersebut  pada periode 2017 – 2022, Senin (22/5).

Pelantikan DR. Benhur Tomi Mano, MM didasarkan pada SK Mendagri No. 131.91- 3093/2017 tentang pengangkatan Wali Kota  Jayapura.

Sementara pelantikan Wakil Wali Kota berdasarkan SK Mendagri No. 132.92-3094 tahun 2017 tentang pengangkatan Wakil Wali Kota Jayapura.

Momen pelantikan tersebut dilaksanakan di Rumah Negara dan turut di hadiri Kapolda Papua, Kasdam XVII/Cendrawasih, Penjabat  Wali Kota Jayapura Daniel Pahabol, S.Pd, MM, Sekda Kota Jayapura Rasmus D. Siahaya, SH, MM, Kuasa Hukum BTM – HaRUS Prof. Refli Harun, Sekjen PKPI Samuel Samson, Ketua dan Anggota DPRD Kota Jayapura, serta Forkopimda Provonsi dan Kota Jayapura.

Gubernur dalam sambutannya berpesan agar Wali Kota dan Wakil Walikota terpilih dapat melaksanakan tugas yang telah diemban dengan baik.

Hal ini tentu sesuai UU no 23 tahun 2014, yang telah dirubah dengan UU Nomor 9 Tahun 2016 tentang Pemerintah daerah yang menjelaskan fungsi, tugas dan kewenangan kepala daerah dan wakil kepala daerah yang diatur dalam pasal 65 dan 66.

“Kepala daerah dan Wakil kepala daerah dituntut untuk menjalankan tugas -tugas pemerintahan secara bersama-sama. Karena jika  tidak sejalan dalam kepemimpinan maka akan memicu terjadinya perpecahan,” imbuhnya.

Begitu pula telah di tegaskan dalam UU terkait tugas dan kewenangan Wakil Bupati /Wakil Wali Kota sudah sangat jelas.

Dirincikan pada Pasal 65, kepala daerah mempunyai tugas untuk memimpin pelaksanaan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku

Sementara dalam Pasal 66 mengamanatkan wakil kepala daerah mempunyai tugas untuk membantu kepala daerah.

Usai pelantikan Wali Kota dan Wakil Wali Kota, dilanjutkan dengan pelantikan ketua Tim Penggerak PKK Kota Jayapura.

Pada momen yang sama juga turut dilantik 4 kepala dan wakil kepala daerah masing-masing Kabupaten Nduga, Lanny Jaya, Sarmi dan Kabupaten Mappi.

(Har)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Utama

Masukan Komentar Anda:

0 comments: