Disperindagkop Kota Gelar Pelatihan Pembuatan Noken

Share it:
Sekda Kota, Rasmus D. Siahaya, SH, MM saat pembukaan pelatihan pembuatan noken
Jayapura, Dharapos.com
Pemerintah Kota Jayapura melalui Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) setempat menggelar Pelatihan Pembuatan Noken dan kegiatan Pengadaan Mesin Peralatan bagi Pelaku Usaha IKM masyarakat Papua program pengembangan industri kecil dan menengah Tahun Anggaran 2017.

Pelatihan berlangsung di aula kantor Distrik Heram, Kamis (18/5) dibuka secara langsung oleh Sekretaris Daerah Kota Jayapura, Rasmus D. Siahaya, SH, MM yang ditandai dengan penyematan tanda peserta.

Sekda dalam sambutannya mengatakan Noken adalah salah satu hasil kerajinan tangan dan budaya Papua yang telah diakui oleh dunia dalam penetapan sebuah rekomendasi Badan Dunia UNESCO tanggal 4 Desember 2012.

“Selain itu Noken juga dianggap sebagai bahan yang bisa menjadi alat untuk mendatangkan kesejahteraan bagi masyarakat Papua dan masyarakat yang ada di Papua pada umumnya,” jelasnya.

Dengan kata lain, selain memiliki nilai budaya juga mempunyai nilai jual yang tinggi.

“Oleh sebabnya, kita harus memiliki kemampuan untuk bisa merajut Noken itu dengan baik dan mampu memodifikasinya dengan motif dan warna yang menarik sehingga menjadikannya memiliki nilai jual yang tinggi,” lanjut Sekda.

Tak hanya itu saja, seorang pembuat Noken yang baik juga dituntut untuk menghasilkan Noken yang berkualitas dan bermutu tinggi serta mampu bersaing sehingga memperoleh harga yang sesuai serta memberikan pendapatan yang memadai.

“Setelah semua itu dipenuhi, jangan pernah lupa bagaimana kita mempunyai pengetahuan untuk memasarkannya,” tandasnya.

Diharapkan, melalui pelatihan ini para peserta dapat menyimak dengan baik agar ke depannya bisa memaksimalkannya hingga memberi dampak bagi banyak orang.

“Dan juga bisa meningkatkan kesejahteraan ekonomi dalam keluarga,” pungkasnya.

(Vian)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Kota Jayapura

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga