DPRD Gelar Paripurna Istimewa Sertijab Penjabat ke Wali Kota Jayapura

DPRD Kota Jayapura menggelar paripurna istimewa serah terima jabatan (sertijab) dari Penjabat kepada Wali Kota dan Wakil Wali Kota terpilih periode 2017-2022.
Share it:
DPRD Kota Jayapura saat Paripurna Istimewa Sertijab dari Penjabat kepada Wali Kota
dan Wakil Wali Kota terpilih periode 2017-2022
Jayapura, Dharapos.com
DPRD Kota Jayapura menggelar paripurna istimewa serah terima jabatan (sertijab) dari Penjabat kepada Wali Kota dan Wakil Wali Kota terpilih periode 2017-2022.

Paripurna sertijab tersebut bertempat di ruang rapat paripurna DPRD kota Jayapura, Senin (22/5), dan dipimpin Wakil Ketua DPRD Kota Jayapura, Mathelda Yakadewa.

Turut hadir, Gubernur Papua yang diwakili Asisten II Setda Provinsi Papua Drs. Elia I. Loupatty, SE, M.Si, Forkopimda Kota, Kepala OPD di lingkup Pemerintah Kota dan anggota DPRD serta masyarakat kota Jayapura.

Pelaksanaan Sertijab didasarkan radiogram Mendagri RI Nomor. 273/2222/FG yang ditandai dengan Penandatangan berita acara serah terima dan penyerahan memori pelaksanaan tugas dari Penjabat kepada Wali Kota Jayapura.

Wali Kota DR. Benhur Tomi Mano, MM dalam pidato awal mengatakan dengan kesatuan hati dan kerja sama yang baik maka tugas ini akan bisa dipikul bersama guna mewujudkan cita-cita Pemerintah dan seluruh komponen bangsa di Kota Jayapura.

“Dengan kesatuan hati maka kita tidak akan mudah terpecah belah, kita tidak akan mudah terprovokasi dan kita tidak akan mudah diadu domba sehingga kerukunan hidup, keamanan dan kedamaian yang sudah lama berlangsung di kota ini tetap terpelihara dengan baik,” cetusnya.

Lanjutnya, kehadiran dirinya bersama Rustan Saru tetap untuk melanjutkan visi misi Pemerintah Kota yakni terwujudnya Kota Jayapura yang beriman, bersatu, mandiri, sejahtera dan modern berbasis kearifan lokal.

“Secara substansial dalam masa kepemimpinan saya yang kedua ini tidak berubah hanya perlu mendapat peningkatan dengan beberapa hal sambil terus mendukung 9 cita-cita dan harapan atau Nawacita Presiden Republik Indonesia diantaranya kehadiran negara dan pemerintah di tengah-tengah masyarakat,” lanjut pria yang akrab disapa BTM ini di hadapan para peserta paripurna.

Penyerahan memori pelaksanaan tugas dari Penjabat kepada Wali Kota Jayapura
Meskipun diakuinya, untuk beberapa saat harus meninggalkan Pemkot guna mengikuti pemilihan umum kepala daerah di kota Jayapura namun dirinya melihat ada konsistensi dari hal-hal yang telah diwariskan dan tinggalkan.

Hanya spirit kerja yang penuh terus-menerus didorong, diperbarui dan ditingkatkan.

“Kondisi sosial politik secara nasional dan regional saat ini jangan menjadi sarana pemecah belah kehidupan dan kerukunan seluruh komponen bangsa yang sudah terbangun dengan baik di Kota Jayapura,” harap BTM.

Untuk itu, putra asli Port Numbay ini mengajak seluruh komponen bangsa di Kota Jayapura untuk mengambil peran, tugas dan tanggung jawab masing-masing.

Dirinya yakin Kota Jayapura sebagai ibukota provinsi Papua akan terus tampil sebagai barometer dalam berbagai aspek pembangunan bagi daerah-daerah lain di tanah Papua bahkan secara nasional.

“Pada momentum yang bersejarah ini perkenankan saya dan Wakil Wali Kota atas nama pribadi, keluarga dan atas nama seluruh masyarakat Kota Jayapura menyampaikan terima kasih kepada Bapak Daniel
Pahabol, S.Pd, MM yang telah berusaha menjalankan dan mengendalikan penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan dan pembinaan kemasyarakatan selama beberapa bulan terakhir terutama pelaksanaan Pilkada dapat berlangsung secara baik,” ucapnya.

Pada kesempatan tersebut juga BTM mengutuk keras atas semua tindakan-tindakan yang tidak manusiawi.

“Perlu saya tegaskan kembali bahwa tidak ada tempat bagi segala bentuk kekerasan, pertumpahan darah dan segala bentuk upaya memecah belah kesatuan bangsa di atas tanah ini,” tegasnya.

Sertijab juga dilakukan pada Ketua TP - PKK Kota Jayapura
Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Kota Jayapura, Mathelda Yakadwa menuturkan kurang lebih 9 bulan “Bintang Timur” tak muncul di tengah keheningan dan pekatnya kegelapan malam yang tidak bercahaya lagi.

“Tetapi hari ini, ia telah kembali bercahaya lagi di Negeri Port Numbay yang kita cintai bersama. Untuk itu, kiranya kita senantiasa dimampukan untuk merapatkan barisan sebagai anak bangsa, guna bersama-sama melanjutkan pembangunan Kota Jayapura 5 tahun ke depan guna mewujudkan kesejahteraan bagi masyarakat yang kita cintai bersama,” ucapnya.

Mathelda juga pada kesempatan tersebut, menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi serta penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Daniel Pahabol, S.Pd, MM yang telah melaksanakan tugas penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan serta pelayanan kemasyarakatan dengan baik dan sukses.

“Dan bukan hanya itu saja tetapi juga sudah memfasilitasi pelaksanaan Pemilihan kepala daerah Kota Jayapura sebagai agenda Negara di Kota Jayapura yang berlangsung secara demokratis dengan baik, aman, lancar dan sukses hingga telah ditetapkan Wali Kota dan Wakil Wali Kota terpilih pada pada 15 Februari lalu,” ucapnya.

Mathelda atas nama DPRD Kota Jayapura juga menyampaikan ucapan selamat dan sukses atas pelantikan DR. Benhur Tomi Mano, MM sebagai Wali Kota dan Ir. H. Rustan Saru,MM sebagai Wakil Wali Kota periode 2017-2022.

“Dan juga selamat untuk memimpin penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan dan pembinaan kemasyarakatan untuk lima tahun ke depan,” tukasnya.

Pada momen tersebut, turut pula dilakukan sertijab Ketua Tim Penggerak PKK Kota Jayapura dari Ny. H. Pahabol kepada Ny. Christina L. Mano.

(Har/Vian)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Utama

Masukan Komentar Anda:

0 comments: