IKEMAL di Tanah Papua Lakukan Ziarah ke TMP Waena

Menjelang peringatan 2 Abad Pahlawan Nasional Kapitang Pattimura, Ikatan Keluarga Maluku (IKEMAL) di Tanah Papua melakukan ziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Waena, Sabtu (13/5).
Share it:
Sekum IKEMAL di Tanah Papua saat meletakkan krans bunga di tugu TMP Waena
Jayapura, Dharapos.com 
Menjelang peringatan 2 Abad Pahlawan Nasional Kapitang Pattimura, Ikatan Keluarga Maluku (IKEMAL) di Tanah Papua melakukan ziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Waena, Sabtu (13/5).

Ziarah tersebut di hadiri anak-anak Maluku asal IKEMAL Kota dan Kabupaten Jayapura serta Kabupaten Keerom serta sejumlah personel TNI - Polri yang merupakan asli dari Maluku.

Sekretaris Umum IKEMAL di Tanah Papua yang juga Sekretaris Daerah Kota Jayapura, Rasmus D. Siahaya, SH, MM memimpin langsung ziarah tersebut yang ditandai dengan melakukan hening cipta dan penghormatan kepada arwah para Pahlawan serta peletakan karangan bunga di tugu TMP.

Peserta ziarah dari IKEMAl, personel TNI - Polri 
Pada momen tersebut, Siahaya mengajak semua anak Maluku untuk mengambil satu arti dan sikap, sebagai generasi penerus bangsa untuk menunjukkan penghormatan kepada para pahlawan yang telah gugur demi merebut kemerdekaan.

“Tentu kita bisa merenungkan apa saja yang telah di lakukan saat mengusir penjajah di muka bumi persada ini,” ajaknya.

Sehingga panitia peringatan 200 tahun Pattimura yang jatuh pada 15 Mei mendatang turut mengagendakan untuk anak-anak Maluku melakukan ziarah ke TMP Waena.

“Ini bertujuan untuk merefleksikan kehidupan di masa kini, generasi muda anak-anak Maluku dan Indonesia harus memiliki sikap patriotisme dalam mengisi pembangunan di Papua, khusus di Kota dan Kabupaten Jayapura dan Keerom dan seluruh kabupaten yang ada di Papua dan Papua Barat bahkan di seluruh Indonesia,” tandasnya.

Tabur bunga oleh Sekum dan pengurus IKEMAL di Tanah Papau bersama Ketua Panitia 2 Abad Pattimura 
Karena itu, Siahaya mengingatkan agar nilai- nilai semangat juang yang sudah diletakkan sang Pahlawan Thomas Matulessi harus tetap dilestarikan baik itu solidaritas dan rasa bersatu, serta kebersamaan untuk bagaimana mengisi pembangunan yang ada.

“Persatuan dan kesatuan sangat penting untuk memelihara kedamaian sehingga Kota dan Kabupaten Jayapura  serta Keerom hingga seluruh kabupaten yang ada di Papua dan Papua Barat dapat kita jaga dan kawal agar kita bisa mengisi pembangunan. Sehingga capaian pembangunan bisa kita nikmati  sesuai dengan visi negara menuju masyarakat adil dan makmur,” tandasnya.

Perlu juga disadari bahwa momen terpenting untuk menggelorakan rasa kebersamaan dan persatuan, telah diletakkan oleh leluhur orang Maluku “Ale Rasa Beta Rasa” untuk tetap dilestarikan.

Aksi tabur bunga oleh anak-anak Maluku
Dengan demikian, dalam setiap kegiatan, semua anak Mauku wajib menghadirinya dan ikut mendukung serta berpartisipasi pada semua even yang diagendakan.

Salah satunya, mulai 14 - 16 Mei nanti, semua anak Maluku yang ada di tanah Papua dalam hal ini Kota dan Kabupaten Jayapura serta Keerom diharapkan dapat berpartisipasi melakukan perjalanan ke Kabupaten Sarmi dalam rangka memeriahkan hari Pahlawan Pattimura ke 200 Tahun.

“Kita harus bersikap seperti laki-laki Kabaresi untuk maju dan pantang mundur dalam menanamkan nilai-nilai kebersamaan pada semua anak bangsa di Tanah Papua,” tukasnya.

(Har)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Utama

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga