Kapolda Papua Ajak Semua Pihak Bangun Semangat Kebersamaan

Kapolda Papua, Irjen. Polisi Drs. Boy Rafli Amar, MH mengatakan fenomena yang terjadi di Kota Jayapura sebulan belakangan ini sama dengan yang terjadi di kota-kota besar lainnya.
Share it:
Wali Kota DR. Benhur Tomi Mano, MM terlibat dalam obrolan serius dengan Kapolda Papua
Irjen. Pol. Boy Rafli Amar terkait kondisi Kota Jayapura akhir-akhir ini
Jayapura, Dharapos.com
Kapolda Papua, Irjen. Polisi Drs. Boy Rafli Amar, MH mengatakan fenomena yang terjadi di Kota Jayapura sebulan belakangan ini sama dengan yang terjadi di kota-kota besar lainnya.

“Segala sesuatu yang terjadi di Jakarta juga terjadi di kota Jayapura, dimana kejahatan yang terjadi di Jakarta  sudah sedemikian rupa kejahatannya tetapi banyak juga di contohi oleh sebagian masyarakat kita untuk dilakukan di Jayapura,” urainya saat menghadiri Coffee Morning bersama Wali Kota Jayapura dan Muspida kota serta komponen masyarakat, bertempat di Hotel Said Papua, Rabu (24/5).

Ditegaskannya, Kepolisian merupakan salah satu institusi negara dan  juga TNI serta instansi vertikal lainnya yang ada di Jayapura dan unsur pemerintah daerah adalah organisasi.

“Dan kami juga harus memastikan bahwa konstitusi negara ditegakkan di Kota Jayapura,” tegasnya.

Diakui Kapolda, dalam menjalankan tugas pokoknya di era global, sangat sulit bagi institusi-institusi itu untuk bekerja sendiri, tetapi tentu dengan bersinergi, bekerja sama, berkolaborasi, berkoordinasi berkomunikasi dengan berbagai pihak.

Karena dengan kekuatan unsur negara, pemerintah dan masyarakat apabila bersatu padu maka menjadi satu kekuatan yang dahsyat dalam konteks memelihara keamanan dan pencegahan.

“Kami ingin bersahabat dengan seluruh elemen masyarakat, tetapi kami tidak ingin bersahabat dengan kelompok pelaku kejahatan. Kita ingin bersahabat dengan Ulama, Pendeta dan Pastor begitupula dengan anak sekolah, mahasiswa, Pemuda LSM hingga Pemerintah daerah,” cetusnya.

POLRI, lanjut Kapolda, ingin mengedepankan prinsip persahabatan ,yang memikul bersama-sama sebagai sahabat di dalam menghadapi problema yang dihadapi.

“Sehingga upaya-upaya pencegahan dengan langkah-langkah proaktif  kita harapkan bisa semakin berbuah kepada sebuah kekuatan yang pada akhirnya dapat mengeliminasi segala bentuk potensi ancaman bahaya dan bahkan kejahatan,” lanjutnya.

Dengan mengedepankan membangun sebuah persahabatan dan kebersamaan di antara semua elemen masyarakat akan menjadi sebuah kekuatan yang dahsyat untuk mengeliminir berbagai potensi bahaya.

“Jadi semangat kebersamaan inilah yang harus kita tumbuhkan yaitu semangat gotong royong,” dorong Kapolda.

Dalam hal melalui program yang coba diperkenalkan institusi kepolisian untuk digelorakan kepada masyarakat yaitu Kampung ATM yang merupakan kepanjangan dari Komunikasi Aktif Membangun Peradaban Utama Nilai Gotong-Royong Aman Tenteram Mandiri.

“Kita harus melakukan gotong royong di antara kita warga Kota Jayapura, juga program-program gerakan "Adik Kakak", serta gerakan aman damai, Indonesia kuat, kerukunan adalah keutamaan. Karena membangun sebuah kerukunan melalui semakin kompaknya unsur pemerintah dan masyarakat maka segala niat orang jahat tidak akan bisa tercapai,” tandasnya.

Oleh karena itu, Kapolda mengajak semua pihak untuk memaksimalkan soliditas kebersamaan Pemerintah daerah dan masyarakat .

(Har)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Utama

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga