Malam Puncak 2 Abad Pattimura di Papua Berlangsung Meriah

Ikatan Keluarga Maluku (IKEMAL) Papua menggelar malam puncak perayaan hari 2 Abad Pattimura atau yang ke 200 tahun dengan mengambil lokasi di GOR Cendrawasih, Kawasan APO, Kota Jayapura, Selasa (16/5)
Share it:
Penyalaan Obor Pattimura oleh Sekda Provinsi Papua TEA Herry Dosinaen mewakili Gubernur Papua
Jayapura, Dharapos.com
Ikatan Keluarga Maluku (IKEMAL) Papua menggelar malam puncak perayaan hari 2 Abad Pattimura atau yang ke 200 tahun dengan mengambil lokasi di GOR Cendrawasih, Kawasan APO, Kota Jayapura, Selasa (16/5).

Malam “Baku Dapa” yang dihadiri ribuan warga masyarakat Maluku asal Kota dan Kabupaten Jayapura serta Keerom berlangsung meriah.

Diawali, Sekretaris Daerah Provinsi Papua TEA. Hery Dosinanen mewakili Gubernur Lukas Enembe menyulutkan Api Obor Pattimura di depan GOR Cendrawasih.

Di saksikan Pengurus Pusat IKEMAL di Tanah Papua, Kota dan Kabupaten Jayapura serta Keerom, IKEMAL se Pegunungan Tengah, dan masyarakat Maluku.

Ketua IKEMAL di Tanah Papua, Elia I. Loupatty saat menyampaikan sambutan
Tak ketinggalan sejumlah artis Maluku seperti Jopi Latul, Gerson Rehata and fiendd, Anggel Pieters, Mery Gaspers,Nanala Voice, Ridwan Hayat hingga Joice Pupela hadir dengan mempersembahkan berbagai lagu yang berhasil menghibur masyarakat yang hadir.

Juga penampilan tarian kolaborasi Papua dan Maluku, Sau reka-reka, hingga Dansa Katreji.

Tampilnya Jopi Latul dengan lagu Goyang Tobelo membuat ribuan masyarakat Maluku histeris dan langsung secara spontanitas melakukan aksi “Goyang Tobelo diikuti Sekda provinsi Papua, Sekretaris Umum dan para pengurus IKEMAL Provinsi seta kabupaten/kota.

Gubernur yang diwakili Sekda Provinsi Papua TEA. Hery Dosinaen mengajak seluruh hadirin untuk membuka lembaran sejarah dan mengenang kembali tepatnya pada 234 tahun yang lalu di Pulau Saparua telah lahir seorang bayi bernama Thomas Matulessy.

Tarian kolaborasi Papua dan Maluku mewarnai perayaan puncak 2 Abad Pattimura 
“Sang bayi mungil ini kemudian bertumbuh dan berkembang menjadi seorang laki-laki sejati, pemberani yaitu Laki-laki Kabaresi Kapitan Pattimura,” urai Dosinaen.

Laki-laki yang punya cita-cita yang luhur dan punya kekuatan yang sangat dahsyat untuk membela kebenaran dan selalu empati terhadap kehidupan masyarakat.

“Untuk itu saya menghimbau kepada kita semua yang hidup di atas Tanah Papua, mari kita bersama-sama bersatu untuk mengusir kelompok yang ingin merusak tanah tercinta ini,” ajaknya.

Diakui Dosinaen, selama ini disadari sungguh dan patut disyukuri bahwa banyak leluhur dan pendahulu dari Maluku yang turut serta dan memberikan andil yang sangat luar biasa untuk memajukan tanah ini.

Oleh karena itu, atas nama Gubernur Papua, Dosinaen memberikan apresiasi kepada keluarga besar Maluku yang hingga saat ini tetap berpartisipasi aktif dalam membangun Papua.

Ketua panitia peringatan 2 Abad Pattimura, Ir. L. J. Lekenila saat menyerahkan miniatur patung
Pattimura kepada Sekretaris Daerah Provinsi Papua, TEA. Hery Dosinaen  
 
“Dan di momen ulang Tahun Pattimura yang ke 200 Tahun atau 2 Abad ini terpatri dalam diri kita semua untuk maju terus pantang mundur demi Papua yang Bangkit, Mandiri dan Sejahtera,” tukasnya.

Sementara itu, Ketua Umum IKEMAL di Tanah Papua, Drs. Elia I. Loupatty mengingatkan seluruh masyarakat Maluku yang ada di provinsi paling timur Indonesia ini untuk tidak lupa meneruskan cita-cita luhur “Sang Kapitang”.

“Kita sebagai masyarakat Maluku harus mengikuti sikap, militansinya serta patriotismenya dimana seluruh jiwa raganya telah diserahkan bagi Negeri Indonesia,” cetusnya.

Loupatty juga memberikan apresiasi kepada Panitia yang sudah bekerja keras sehingga malam perayaan puncak ini bisa berjalan dengan baik

“Kepada para pengisi acara dari kota-kota yang ada di sekitar Maluku, saya menyampaikan terima kasih atas ketulusan sudah hadir dalam acara ini dan kepada semua pihak yang sudah mendukung terselenggaranya acara ini semoga moyang kita merestui saudara-saudara sekalian,” tukasnya.

Ribuan masyarakat Maluku memadati GOR Cenderawasih, pada Malam "Baku Dapa" 2 Abad Pattimura  
Ketua Panitia Ir. L. J. Lekenila menambahkan panitia bersama pengurus IKEMAL di Tanah Papua merumuskan tema momen 2 Abad Kapitan Pattimura yang menginspirasi anak Negeri Maluku untuk berpartisipasi membangun tanah ini.

“Dengan semangat perayaan 2 Abad atau 200 tahun Pahlawan Nasional Thomas Matulessy, kita jalin kebersamaan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika demi mewujudkan Papua Bangkit, Mandiri dan Sejahtera,” cetusnya.

Lebih lanjut Lekenila menjelaskan, kegiatan ini terselenggara atas kerja sama Pemerintah Provinsi Papua, Pemkot dan Pemkab Jayapura serta seluruh masyarakat Maluku yang ada di Kota dan Kabupaten Jayapura serta Keerom.

Dan biaya yang digunakan untuk momen peringatan ini sebesar Rp 1.195.000.000,-

Pada kesempatan tersebut, Ketua Panitia peringatan Ir. L. J. Lekenila menyerahkan miniatur Patung Pattimura kepada Sekda Provinsi Papua.

(Vian/Har)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Utama

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga