Mandacan – Lakotani Resmi Jadi Gubernur – Wagub Papua Barat

Pasangan Dominggus Mandacan - Mohammad Lakotani resmi dilantik sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Papua Barat.
Share it:
Gubernur Papua Barat, Drs. Dominggus Mandacan saat menadatangani berita acara pelantikan dan
pakta integritas di saksikan Presiden Ir. Joko Widodo di istana Negara, Jumat (12/5) sore
Jakarta, Dharapos.com
Pasangan Dominggus Mandacan - Mohammad Lakotani resmi dilantik sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Papua Barat.

Presiden RI Joko Widodo resmi melantik keduanya bersama 4 pasangan Gubernur dan Wagub lainnya hasil Pilkada serentak semester II periode 2017 - 2022 di Istana Negara, Jumat, 12 Mei 2017.

Sebagaimana rilis yang diterima Dharapos.com, pelantikan kelima pasangan tersebut berdasarkan pada SK Presiden RI Nomor 46/P Tahun 2017 tanggal 10 April 2017, Nomor 50/P Tahun 2017 tanggal 27 April 2017, dan Nomor 52/P sampai dengan Nomor 55/P Tahun 2017 masing-masing tertanggal 10 Mei 2017 tentang Pengesahan Pengangkatan Gubernur dan Wakil Gubernur.

Kelima pasangan tersebut selanjutnya akan mengemban amanah sebagai di masing-masing daerah dengan periode jabatan 2017 - 2022.

Selain pasangan Dominggus Mandacan-Mohammad Lakotani, 4 pasangan lainnya masing-masing Elzaldi Rosman-Abdul Fatah (Kepulauan Bangka Belitung), Wahidin Halim-Andika Hazrumy (Banten), Ali Baal-Enny Anggraeny Anwar (Sulawesi Barat), dan Rusli Habibi-Idris Rahim (Gorontalo).

Turut dilantik pula dalam momen yang sama, Wagub Riau Wan Thamrin Hasyim untuk sisa masa jabatan tahun 2014-2019.

Presiden RI Joko Widodo saat melantik 5 pasangan Gubernur - Wagub hasil Pilkada serentak
semester II periode 2017 - 2022 bertempat di Istana Negara, Jumat (12/5)
Dirinya dilantik untuk menggantikan Wakil Gubernur sebelumnya, Arsyadjuliandi Rachman, yang telah diangkat menjadi Gubernur pada 25 Mei 2016.

Sebelum diambil sumpahnya, petikan Surat Keputusan Presiden diserahkan oleh Presiden Joko Widodo kepada para pasangan di Ruang Kredensial Istana Merdeka.

Prosesi kirab kemudian dilakukan oleh Presiden Joko Widodo dengan didampingi oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla beserta Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo bersama dengan pasangan Gubernur - Wagub tersebut menuju Istana Negara.

Setibanya di Istana Negara, para calon gubernur dan wakil gubernur diambil sumpah oleh Presiden dan dilantik.

"Saya berjanji, akan memenuhi kewajiban saya sebagai gubernur, sebagai wakil gubernur, dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya, serta berbakti kepada masyarakat, nusa, dan bangsa," demikian Presiden mendiktekan sumpah jabatan.

Acara pelantikan tersebut kemudian diakhiri dengan pemberian ucapan selamat oleh Presiden Joko Widodo dan  Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Wakil Presiden Jusuf Kalla dan Ibu Mufidah Jusuf Kalla, Presiden Republik Indonesia ketiga Bacharuddin Jusuf Habibie dan Presiden Republik Indonesia kelima Megawati Soekarnoputri untuk kemudian diikuti oleh tamu undangan yang hadir.

(Piet)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Utama

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga