Meski Diguyur Hujan, Prosesi Lari Obor Pattimura Berlangsung Hingga Tuntas

Prosesi lari obor Pattimura yang jatuh pada tanggal 14 Mei sehari sebelum perayaan puncak 2 Abad Pahlawan Nasional asal tanah Maluku ini telah dilaksanakan.
Share it:
Ketua panitia peringatan 2 Abad Pattimura saat menyerahkan obor kepada Bupati Jayapura  
Jayapura, Dharapos.com 
Prosesi lari obor Pattimura yang jatuh pada tanggal 14  Mei sehari sebelum perayaan puncak 2 Abad Pahlawan Nasional asal tanah Maluku ini telah dilaksanakan.

Bahkan tak hanya dilakukan di tanah kelahiran sang kapitan bernama asli Thomas Matulessy tetapi disejumlah daerah lainnya juga turut melakukannya.

Seperti yang telah dilaksanakan di Papua secara bersama-sama oleh masyarakat Maluku di Kota dan Kabupaten Jayapura serta Kabupaten Keerom.

Pantauan media ini, Obor Pattimura dibawa dalam arak-arakan mulai dari Gunung Merah, Kantor Bupati Jayapura untuk dilepas secara resmi oleh kepala daerah setempat, Matius Awitouw.

Sebelum pelepasan, terlebih dahulu dilakukan upacara penghormatan kepada arwah Kapitang Pattimura.

Selanjutnya obor tersebut di serahkan oleh sesepuh IKEMAL Kabupaten Jayapura Ir. L. J. Lekenila kepada Bupati Matius Awitouw untuk kemudian diserahkan kepada regu lari obor dari Rindam XVII Cendrawasih yang di bawa secara berlari menuju Kota Jayapura.

Bupati  selanjutnya menyerahkan obor kepada regu lari yang akan membawa obor menuju Kota Jayapura
Meski diguyur hujan deras, namun hal itu tidak menyurutkan semangat para pelari obor termasuk masyarakat Maluku yang ikut mengawal obor tersebut.

Bupati sebelum melepaskan pelari obor mengatakan lari obor yang dilakukan setiap tanggal 14 Mei  adalah untuk menghayati jasa pahlawan Kapitan Pattimura.

“Obor ini menunjukkan persatuan dan kesatuan Indonesia dari berbagai keberadaan yang kita miliki untuk terus di pertahankan dan semangat Pattimura untuk Indonesia Raya terus kita gelorakan di Persada Nusantara ini secara khusus di Tanah Papua,” cetusnya.

Diakui Bupati, saat ini Pancasila dan keberagaman sedang diuji di tanah air namun semangat Pattimura khususnya Pattimura-pattimura muda yang ada di Papua khusus Kabupaten Jayapura, Keerom dan Kota Jayapura  harus terus semangat dan kembangkan itu untuk kejayaan Indonesia.

“Dan juga untuk kejayaan Tanah Papua yang kita cintai bersama,” tandasnya.

Kepada regu lari obor juga Bupati mengingatkan untuk berlari sesuai dengan petunjuk yang ada agar perayaan ini membawa hikmah dan semangat serta dapat dimaknai oleh setiap pribadi.

Obor Pattimura saat dibawa berlari menyusuri jalan Sentani menuju Kota Jayapura 
Hari Pattimura, lanjut Bupati, harus tetap dirayakan secara hikmah dan serius meskipun sudah dilakukan dengan cara yang sudah biasa dilakukan.

“Kapitan Pattimura merupakan salah satu pahlawan nasional yang berjuang dengan semangat kearifan lokal yang luar biasa, sehingga hari ini kita akan melepas obor Pattimura yang menyatakan bahwa semangat Pattimura harus terus digelorakan dan diteruskan oleh generasi muda atau Pattimura - Pattimura muda di Kabupaten Jayapura, Keerom dan Kota Jayapura,” kembali cetusnya.

Mengakhiri sambutannya, Bupati Jayapura menyampaikan ucapkan selamat kepada seluruh masyarakat Maluku.

“Selamat memperingati hari Pattimura yang ke 200 tahun, Jaya Indonesia, Jaya Papua,” ucapnya.

Pelepasan regu lari obor dilakukan di halaman kantor Bupati yang dihadiri oleh masyarakat Maluku baik dari Kabupaten maupun Kota Jayapura serta Kabupaten Keerom.

(Har)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Utama

Masukan Komentar Anda:

0 comments: