Momen 2 Abad Pattimura Penting Bagi Seluruh Anak Bangsa

Peringatan Hari Pattimura yang ke 200 tahun atau 2 Abad merupakan momen yang sangat penting bagi seluruh anak bangsa teristimewa anak-anak Maluku di Papua, khususnya Kota dan Kabupaten Jayapura serta Keerom.
Share it:
Pengurus IKEMAL, panitia dan para juara foto bersama usai lomba 
Jayapura, Dharapos.com 
Peringatan Hari Pattimura yang ke 200 tahun atau 2 Abad merupakan momen yang sangat penting bagi seluruh anak bangsa teristimewa anak-anak Maluku di Papua, khususnya Kota dan Kabupaten Jayapura serta Keerom.

Karena dinilai sangat penting, sehingga panitia pun memaknainya dengan menggelar berbagai kegiatan seperti lomba  gerak jalan, futsal, nyanyi solo, bakti sosial operasi katarak, ziarah ke TMP Waena hingga talk show.

“Yang berkaitan dengan lomba nyanyi solo  dimaksudkan untuk menumbuh kembangkan talenta-talenta yang dimiliki oleh generasi penerus bangsa dalam hal ini anak-anak Papua dan juga anak-anak Maluku yang ada di tanah ini,” urai Sekretaris Umum IKEMAL di Tanah Papua,  Rasmus D. Siahaya, SH, MM saat menutup lomba nyanyi solo, Sabtu ( 13/5).

Dikisahkannya, pahlawan nasional Kapitan Pattimura adalah seorang anak Maluku yang begitu gigih berjuang untuk mengusir  penjajahan di muka bumi persada khususnya di wilayah Maluku tetapi getarannya juga turut dirasakan ke seantero Nusantara ini.

Rasmus D. Siahaya, SH, MM
Diakuinya, banyak yang mengatakan bahwa pahlawan nasional Kapitan Pattimura adalah anak Maluku dan hanya di rayakan oleh orang-orang Maluku.

“Namun pada kesempatan ini, saya ingin menegaskan kepada anak-anak bangsa ini maupun anak-anak Maluku di mana saja berada bahwa pahlawan nasional Kapitan Pattimura bukan saja milik orang Maluku tetapi milik seluruh lapisan masyarakat Indonesia,” tegas Siahaya.

Sehingga siapa pun anak bangsa mempunyai kewajiban untuk ikut bersama memeriahkan 200 tahun pahlawan nasional Kapitan Pattimura.

Pria yang kini menjabat sebagai Sekretaris Daerah Kota Jayapura ini, atas nama Badan pengurus IKEMAL di Tanah Papua juga menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada seluruh peserta lomba nyanyi solo.

Karena peserta yang tampil bukan saja dari anak-anak Maluku namun dari seluruh anak bangsa yang ada di tanah Papua khususnya di Kota dan Kabupaten Jayapura serta Keerom.

“Saya juga memberikan apresiasi dan terima kasih kepada seluruh peserta lomba karena telah berpartisipasi mengikuti kegiatan menjelang 200 tahun hari Pattimura. Dan anak-anak telah memberikan yang terbaik meski dalam setiap perlombaan pasti ada yang menang dan ada yang kalah,” ucapnya.

Bagi yang kalah, jadikanlah momen ini sebagai ajang untuk mempersiapkan diri demi meraih kemenangan di waktu yang akan datang.

“Sedangkan yang keluar sebagai juara, saya harapkan untuk terus melakukan latihan lebih giat lagi dan terlebih penting menaikan ucapan syukur kepada Tuhan

Siahaya juga menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada panitia atas penyelenggaraan kegiatan menyongsong 2 Abad Pattimura.

(Har)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Utama

Masukan Komentar Anda:

0 comments: