Sambut 2 Abad Pattimura di Tanah Papua, Panitia Gelar Berbagai Kegiatan

Perayaan Hari Pattimura yang ke 200 tahun atau genap 2 abad, pada tanggal 15 mei tahun ini, bukan saja dilakukan di Pulau Saparua dan kota Ambon Provinsi Maluku, namun hajatan ini, juga bakal dilaksanakan di beberapa kabupaten yang ada di provinsi Papua Barat maupun Papua.
Share it:
Obor Pattimura saat di bawa regu lari dari Sentani menuju
Kota Jayapura pada peringatan Hari Pattimura di
Tanah Papua beberapa waktu lalu 
Jayapura, Dharapos.com
Perayaan Hari Pattimura yang ke 200 tahun atau genap 2 abad, pada tanggal 15 Mei tahun ini, bukan saja dilakukan di Pulau Saparua dan Kota Ambon, Provinsi Maluku, namun hajatan ini, juga bakal dilaksanakan di beberapa kabupaten yang ada di provinsi Papua Barat maupun Papua.

Salah satunya di Kota Jayapura yang merupakan ibukota Provinsi Papua.

Segala persiapan pun telah dilakukan Panitia Hari Pattimura yang ke 200 tahun pasca dibentuk sejak 2 Maret lalu.

“Gaung perayaan Hari Pattimura yang ke 200 tahun ini cukup menggema, di seantero tanah Papua seperti di kabupaten Sarmi, Jayapura, Keerom dan kota Jayapura. Dan nantinya anak-anak IKEMAL yang ada di 4 daerah tanah Tabi ini, bakal bergandeng tangan menyukseskan momen 2 abad pahlawan nasional asal Maluku ini,” ungkap Ketua Panitia Peringatan Hari Kapitang Pattimura ke 200 tahun, Ir. Ledryk J. Lekenila yang dikonfirmasi, Rabu (3/5).

Walau awalnya persiapan menjelang 15 Mei, belum begitu matang, namun kekompakan tim dalam panitia memotivasi persiapan yang dilakukan hingga mencapai 75 persen.

Lebih lanjut jelas Lekenila, menjelang 2 abad Kapitang Pattimura ini, panitia telah menyiapkan berbagai kegiatan, sebagai perekat bagi anak-anak IKEMAL serta masyarakat Papua dan paguyuban lain di tanah ini.

Diantaranya, lomba gerak jalan, futsal, vokal group hingga bakti sosial, yang melibatkan para dokter IKEMAL, talk show, ziarah ke TMP Waena, dan berakhir pada kegiatan lari obor dan Malam Baku Dapa.
Semua jenis kegiatan kegiatan berawal dengan pelaksanaan technical meeting untuk  lomba gerak jalan yang dilaksanakan di GOR Waringin Kotaraja.

“Animo dari siswa siswi SMA-SMK se derajat di Kota Jayapura cukup besar untuk mengikuti lomba gerak jalan sehingga saat dilaksanakan teknik call meeting, peserta yang bakal ambil bagian di sudah mencapai 60 regu. Dan untuk itu, semua persiapan telah dilakukan oleh panitia,” tandasnya

Selain itu, kegiatan bakti sosial berupa operasi hernia dan katarak cuma-cuma khusus untuk warga Papua dan masyarakat umum lainnya.

Pada kegiatan ini panitia  melibatkan tim dokter dan tenaga medis asal Maluku yang nantinya akan difokuskan di Rumah Sakit Umum Abepura.

Sementara, dalam lomba futsal di tahun ini pelaksanaannya  berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya karena
tidak hanya dibuka bagi anak-anak Maluku saja namun dibuka untuk umum. Dan dijadwalkan akan berlangsung 6 - 13 Mei 2017.

Karena itu, diharapkan kebersamaan orang Maluku untuk terlibat langsung dan saling mendukung pada pelaksanaan 2 Abad Pattimura ini.

“Jangan sampai kita yang menyelenggarakan namun orang Maluku sendiri tidak menunjukkan rasa kebersamaan dan solidaritas,” imbuhnya.

Kemudian, lomba vokal grup untuk kategori umur 9 - 15 tahun yang dilaksanakan pada 12 Mei untuk babak penyisihan dan grand final pada keesokkan harinya serta terbuka untuk umum.

Untuk juara pertama pada lomba vokal tersebut akan mengisi acara inti pada momen Malam Bakudapa, 16 Mei di GOR Cendrawasih Jayapura.

Selanjutnya, pada 13 Mei akan dilakukan ziarah ke TMP Waena serta lari obor sehari kemudian yang akan dilepas oleh Bupati di Gunung merah tepat di areal kantor Bupati Jayapura.

Rute lari obor ini akan dilakukan mulai dari Gunung merah tepat pukul 18.00 WIB, kemudian di lepas langsung oleh Bupati Jayapura dan diperkirakan akan tiba di Kota Jayapura, pada pukul 24.00 untuk selanjutnya dilakukan upacara pada 15 Mei dini hari.

Regu yang terlibat pada lari obor tersebut adalah personel TNI - POLRI asal Maluku serta regu anak-anak Maluku (Maluku Bersatu).

Regu Maluku Bersatu terdiri dari 20 orang yakni 5 anak Maluku dari Sentani, 5 dari Sarmi, 5 dari Kabupaten Keerom dan 5 dari kota Jayapura .

“Regu ini yang akan mengambil obor dari Polimak dan di bawa lari hingga masuk ke GOR Cendrawasih Jayapura,” tandas Lekenila.

Ditambahkan pula, untuk jalur lari obor ini agak sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Untuk tahun ini, beberapa Ondoafi akan turut terlibat menyambut obor dan menyerahkan kepada regu pelari estafet berikutnya serta menyampaikan pesan persaudaraan dalam mendukung kegiatan IKEMAL di tanah TABI.

“Untuk Malam Bakudapa pada tanggal 16 nanti akan dimeriahkan oleh artis asal Maluku Yopie Latul, Marry Gaspersz, Gerson Rehatta dan Angel Pieters,” bebernya.

Olehnya itu, selaku ketua panitia, Lekenila menghimbau kepada seluruh masyarakat Maluku yang ada di tanah Papua untuk turut terlibat dalam kegiatan menjelang dan malam puncak.

“Hari Pattimura ini digelar satu tahun sekali dan melalui acara ini yang bisa mengumpulkan seluruh orang Maluku di Tanah Papua,” tandasnya.

Lekenila juga mengajak seluruh basudara orang Maluku untuk bersama-sama bersatu padu tunjukkan kepada seluruh masyarakat Indonesia yang hidup di tanah Papua, bahwa kehadiran orang Maluku di Tanah ini adalah untuk memberikan motivasi yang positif guna mewujudkan masyarakat generasi muda yang berkualitas menuju Papua Mandiri.

Terkait acara Malam Bakudapa pada 16 Mei mendatang, IKEMAL kabupaten Jayawijaya, Timika, Sorong akan hadir pada malam resepsi tersebut yang akan berlangsung di Kota Jayapura.

Panitia juga berencana mengundang Gubernur Maluku, Ir. Said Assagaff untuk hadir malam puncak Hari Pattimura.

(Har)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Utama

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga