Sekolah Dihimbau Masukan Data KIA Secara Kolektif

Setiap sekolah yang akan mengurus Kartu Identitas Anak (KIA), meminta kepada setiap sekolah agar dapat mengurusnya secara kolektif.
Share it:
Merlan Uloli, SE, MM
Jayapura, Dharapos.com
Setiap sekolah yang akan mengurus Kartu Identitas Anak (KIA), meminta kepada setiap sekolah agar dapat mengurusnya secara kolektif.

Khususnya kepada setiap sekolah yang belum mengurus KIA.

“Karena sekolah yang telah mengantar dokumen peserta didiknya secara kolektif langsung bisa diselesaikan semuanya," tandas Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Jayapura,  Merlan Uloli, SE, MM saat dikonfirmasi, Rabu (10/5).

Untuk itu, Merlan, menghimbau kepada sekolah tingkat Paud, TK, SD dan SMP  yang belum melakukan pembuatan KIA  segera memasukkan data-data dimaksud.

Pihaknya bahkan siap mengupayakan agar pelayanan dokumen dilakukan dalam waktu 1 jam sehingga mempermudah masyarakat dalam pengurusan.

"Kita berharap ini (Pelayanan Satu Jam) menjadi satu kabar yang baik kepada masyarakat, karena selama ini warga harus datang bolak-balik, tetapi kita usahakan mereka mengurus langsung membawa pulang dokumen namun harus diimbangi dengan persyaratan yang lengkap," ujarnya.

Merlan menambahkan, manfaat KIA adalah sebagai bentuk pemenuhan hak anak seperti persyaratan mendaftar di sekolah, dan keperluan lain yang membutuhkan bukti diri anak.

Sejumlah kemudahan yang diperoleh diantaranya untuk data identitas membuka tabungan atau menabung di bank, dan untuk mendaftar BPJS.

Kemudian, proses identifikasi jenazah dengan korban anak-anak dan juga untuk mengurus klaim santunan kematian, pembuatan dokumen keimigrasian serta dapat mencegah terjadinya perdagangan anak.

(Har)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Kota Jayapura

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga