Siahaya Ingatkan Kehadiran IKEMAL di Papua Lanjutkan Misi Para Orang Tua

Ikatan Keluarga Maluku (IKEMAL) hadir untuk memperkuat jati diri anak-anak “Provinsi Seribu Pulau” yang ada di Tanah Papua, salah satunya di Kota Jayapura terlebih khusus di Distrik Jayapura Utara dan Jayapura Selatan.
Share it:
Sekum IKEMAL Pusat Rasmus D. Siahaya, SH, MM saat menyampaikan sambutan  
Jayapura, Dharapos.com 
Ikatan Keluarga Maluku (IKEMAL) hadir untuk memperkuat jati diri anak-anak “Provinsi Seribu Pulau” yang ada di Tanah Papua, salah satunya di Kota Jayapura terlebih khusus di Distrik Jayapura Utara dan Jayapura Selatan.


IKEMAL tampil sebagai salah satu organisasi kemasyarakatan yang mempunyai tujuan untuk menjaga kebersamaan serta saling memperhatikan satu sama yang lain

“Sejak terbentuknya IKEMAL  di Tanah Papua, tentu selaku orang tua khususnya di Kota Jayapura, kami berjuang dan bekerja keras meski diwarnai berbagai gesekan namun IKEMAL tetap masih ada sampai saat ini,” ungkap Sekretaris Umum IKEMAL Pusat, Rasmus D. Siahaya, SH, MM, saat memberikan sambutan pada acara pelantikan Pengurus Ranting IKEMAL Distrik Jayapura Selatan dan Jayapura utara, Kamis (25/5).

Momen pelantikan tersebut berlangsung di kediaman Sekum IKEMAL Pusat.

“Saya tahu persis unek-unek dan  jiwa bahkan tubuh serta nyawa dari IKEMAL. Karena itu, selaku Sekum, saya ingin menegaskan jika ada anak-anak Maluku yang berbicara dan bertepuk dada tentang IKEMAL, saya ingatkan untuk tidak berbicara jika tidak mengetahui unek-unek IKEMAL sejak berdiri hingga saat ini,” tegasnya.

Siahaya mengaku terpaksa menyampaikan hal tersebut karena alat-alat media yang dipakai saat ini kerap kali salah dipergunakan baik melalui media sosial (medsos) atau lainnya dengan memberikan informasi yang memprovokasi dalam tubuh IKEMAL itu sendiri.

“Apa yang ditanamkan oleh orang tua kita yang datang ke Tanah Papua itu berbeda dengan orang lain bahkan sejarah tanah ini sendiri tidak bisa memungkiri kalau orang Maluku itu tidak boleh sama dengan yang lain di tanah ini,” cetusnya.

Pelantikan pengurus IKEMAL Ranting Distrik Jayapura Utara - Selatan oleh Ketua IKEMAL Kota Jayapura 
Karena para orang tua yang datang di Tanah Papua bukan datang di tempat lain, bahkan bukan untuk membentuk opini-opini tetapi mereka yang hadir adalah untuk bertemu dengan anak-anak asli tanah ini di rumahnya sendiri.

“Artinya dengan penuh kesungguhan orang tua melakukan sebuah misi untuk melakukan perubahan peradaban kehidupan manusia dari berbagai hal dan ternyata sentuhan dan polesan tangan hati dan pikiran yang ikhlas dari para leluhur orang tua kita sudah nampak hasilnya,”puji Siahaya.

Karena  itu, nilai peradaban manusia yang telah terbangun dengan baik tidak boleh di nodai siapapun juga.

Lebih lanjut, jelas Siahaya, bahwa konsolidasi organisasi IKEMAL saat ini sudah berjalan sehingga diharapkan konsepnya dapat dijabarkan melalui konsolidasi organisasi oleh pengurus ranting-ranting.

Hal tersebut penting dengan melakukan konsolidasi personal dimana data Anak Maluku harus ada.

Dengan sasaran adalah menjaga persekutuan anak-anak Maluku yang kini semakin kuat dan tentu hal ini merupakan wujud nyata dari nilai luhur yang diletakkan para leluhur yakni  “Ale Rasa Beta Rasa Potong di Kuku Rasa di Daging".

Pada momen tersebut, pengurus pusat IKEMAL di Tanah Papua juga menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada pengurus IKEMAL Kota Jayapura yang telah melakukan amanat  anggaran dasar dan anggaran rumah tangga.

Pelantikan dilakukan oleh Ketua IKEMAL Kota Jayapura, Jakobus Pattipawae yang disaksikan pengurus IKEMAL kota dan pusat .

(Har)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Daerah

Masukan Komentar Anda:

0 comments: