Workshop Pengharusutamaan Gender dan Anak Penting Untuk Penguatan SDM

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (P3A dan KB) Kota Jayapura, Betty A. Puy mengakui workshop penguatan kelembagaan pengarusutamaan hak anak dan gender merupakan program dan kegiatan yang rutin dilakukan.
Share it:
Betty A. Puy 
Jayapura, Dharapos.com 
Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (P3A dan KB) Kota Jayapura, Betty A. Puy mengakui workshop penguatan kelembagaan pengarusutamaan hak anak dan gender merupakan program dan kegiatan yang rutin dilakukan.

Pihaknya tidak hanya menyampaikan kepada masyarakat, tetapi juga kepada  lembaga-lembaga yang dibentuk di Pemerintah Kota Jayapura seperti adanya forum anak, forum pengharusutamaan gender,  gugus tugas terhadap perempuan dan anak serta kepentingan kota layak anak itu sendiri.

“Penguatan ini sangat penting agar sumber daya manusia yang di SK-kan Pemerintah Kota Jayapura mengerti dengan apa yang harus dilakukan atau dikerjakan untuk program pengarusutamaan gender tetapi juga hak anak,” urainya, Rabu (3/5).

Program ini memang rutin dilakukan oleh Pemkot melalui Dinas P3A dan KB dengan sasaran yang dihadirkan adalah forum anak Kota Jayapura, forum anak distrik , kader-kader posyandu, hingga kelembagaan PATBM yang merupakan program baru dari Kementerian P3A tentang perlindungan anak terpadu berbasis masyarakat.

“Pekerjaan ini tidak hanya dikerjakan oleh Pemerintah sendiri tapi kita melibatkan berbagai pemangku kepentingan untuk ikut bersama membicarakan tentang perempuan dan pembangunan tetapi juga anak-anak yang dilahirkan menjadi sumber daya manusia Kota Jayapura ini ke depan,” beber Betty.

Dengan terbentuknya forum anak atau kota layak anak maka ada peningkatan dari yang sebelumnya Kota Jayapura tidak dicanangkan untuk itu.

Namun dengan keberhasilan sosialisasi , workshop, hingga kepada berbagai forum dialog yang dilakukan maka mulai ada pemahaman yang baik dalam hal ini baik secara internal Pemerintah kota maupun masyarakat.

“Hal ini tentu sangat penting untuk meningkatkan sumber daya manusia dalam rangka mengisi pembangunan di Kota Jayapura, sehingga lewat lembaga yang dibentuk Pemerintah kota perlu diberikan penguatan-penguatan agar mereka mengerti tugas dan fungsi mereka serta tidak hanya sebatas surat keputusan terus diam saja,” harapnya

Dengan kata lain, harus ada tindak lanjut terhadap pengarusutamaan hak anak ini oleh forum-forum anak yang selanjutnya disampaikan lagi kepada sasaran lain.

Betty mengharapkan peserta yang mengikuti workshop ini dapat menyampaikan informasi ini kepada anak-anak lain.

“Dan yang tidak kalah pentingnya, adalah kita perlu data anak di Kota Jayapura, seberapa anak yang sudah memiliki hak untuk menikmati pendidikan atau seberapa anak yang sudah mempunyai akta kelahiran. Dan hal ini merupakan bagian untuk disampaikan kepada anak lain sehingga walaupun dinilai bagian kecil namun tentu ada keberhasilan yang dinilai untuk rutinitas yang kita lakukan tiap tahun,” tukasnya.

(Har)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Kota Jayapura

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga