2017-2018, K13 Diterapkan pada Semua Jenjang Pendidikan di Kota Jayapura

Tahun Pelajaran 2017-2018 , menjadi waktu resmi dimulainya penerapan Kurikulum 13 pada seluruh jenjang pendidikan di Kota Jayapura.
Share it:
I Wayan Mudiyasa, S.Pd, M.MPd
Jayapura, Dharapos.com
Tahun Pelajaran 2017-2018 , menjadi waktu resmi dimulainya penerapan Kurikulum 13 pada seluruh jenjang pendidikan di Kota Jayapura.

Pemerintah Kota Jayapura melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan setempat mulai memberlakukan K13 pada satuan pendidikan mulai dari tingkat SD, SMP, SMA dan SMK.

“Untuk kesiapannya, hampir sebagian besar sekolah yang ada mulai dari jenjang SD hingga SMA  - SMK ini telah mendapatkan pendampingan dari Direktorat masing-masing," urai Kepala Disdikbud Kota Jayapura, I Wayan Mudiyasa, S.Pd, M.MPd, Jumat (2/6).

Dirincikan, lebih kurang mencapai 65 persen sudah mendapat pendamping dan sisanya akan didorong melalui pelaksanaan K13 secara mandiri.

Terhadap itu pun, Pemkot melalui Disdikbud Kota Jayapura juga telah mengirim surat ke Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI yang telah ditandatangani Wali Kota. Sehingga dengan sendirinya pihak Kementrian akan cepat merespons hal tersebut

Dengan sendirinya, data Dapodik masing-masing sekolah yang notabene dulu masih melaksanakan Kurikulum 2006  atau KTSP akan berubah menjadi K13.

“Target dari Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan adalah di tahun 2019, dimana semua sekolah yang ada di republik ini sudah harus melaksanakan Kurikulum 2013, termasuk Kota Jayapura,” cetusnya.

Pemkot langsung bergerak cepat mengambil langkah sehingga diharapkan pada 2019 mendatang semua jenjang pendidikan dari tingkat SD, SMP, SMA dan SMK sudah melaksanakan K13.

Olehnya  itu, diharapkan sebelum memasuki tahun pelajaran yang baru 2017 - 2018 pihaknya berharap kepada seluruh sekolah yang belum melaksanakan K13 agar dapat segera menerapkannya secara mandiri atau melaksanakan In House Training (IHT) untuk membekali para guru yang belum pernah mendapatkan pelatihan K13.

“Nantinya Pemerintah Kota Jayapura melalui Dinas Pendidikan akan membantu melakukan pendampingan bagi sekolah-sekolah tersebut,” tukasnya.

(Har)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Kota Jayapura

Masukan Komentar Anda:

0 comments: