25 ASN Pemkab Manokwari Resmi Magang di DPMPTSP Kota Jayapura

Pemerintah Kabupaten Manokwari melaksanakan magang di Kota Jayapura tepatnya pada Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), Senin (12/6) sebagai tindak lanjut kerja sama antara kedua daerah.
Share it:
Wakil Bupati dan 25 ASN Pemkab Manokwari berpose bersama Wali Kota dan Wakil Wali Kota Jayapura
Jayapura, Dharapos.com 
Pemerintah Kabupaten Manokwari melaksanakan magang di Kota Jayapura tepatnya pada Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), Senin (12/6) sebagai tindak lanjut kerja sama antara kedua daerah.

Rombongan magang sebanyak 25 ASN Pemkab Manokwari ini dipimpin oleh Wakil Bupati Drs. Edi Budoyo dan di terima langsung  oleh Wali Kota Jayapura, DR. Benhur Tomi Mano, MM.

Di dampingi Wakil Wali Kota, Ir. H. Rustan Saru, MM, Wali Kota mengaku berkeinginan untuk menjadikan Kota Jayapura sebagai pusat perubahan dan peradaban untuk Papua.

“Kota Jayapura sudah merupakan tempat belajar bukan saja dari Papua dan Papua Barat tapi dari luar Papua seperti Manado dan Ternate juga sudah datang dan magang ke sini,” akuinya.

Kota Jayapura, diakuinya sudah seperti kabupaten Sragen bahkan melewatinya termasuk  Solo dan Jogja dan kini dinilai lebih dari Bandung dan Makasar.

Untuk itu, pria yang akrab disapa BTM ini meminta adanya komitmen dari Bupati dan  Wakil Bupati dalam melaksanakan perizinan yang ada di kabupaten Manokwari.

Dirincikan, dari 89 izin yang di tangangi hanya 5 saja yang dikenakan pembayaran seperti IMB, Trayek, Miras dan gangguan serta izin penangkapan ikan. Sementara yang sisanya sudah dilakukan secara online.

Wali Kota juga meminta kepada DPMPTSP untuk mendampingi BPPTSP Pemkab Manokwari dalam proses magang.

Di kesempatan yang sama, Wakil Bupati Manokwari, Drs. Edi Budoyo mengatakan pelaksanaan magang ini akan berlangsung  2 minggu untuk bersama-sama belajar bagaimana pengembangan DPMPTSP Kota Jayapura.

“Kedatangan kami ini sebagai tindak lanjut dari MoU antara Pemerintah Kabupaten Manokwari dengan Pemerintah Kota Jayapura pada 2016 lalu yang salah satunya berkaitan dengan pembentukan BPPTSP Kabupaten Manokwari,” urainya.

Untuk itu, selaku Wabu, Bodoyo memberikan apresiasi kepada  Wali Kota Jayapura karena telah mengizinkan Kepala DPMPTSP Kota Jayapura untuk mendampingi ASN BPPTSP Kabupaten Manokwari dalam rangka pembentukan badan dimaksud.

“Nantinya semua izin akan terfokus pada Badan Perizinan Terpadu Satu Pintu dalam hal ini kami akan meniru ilmu yang dimiliki Pemerintah Kota Jayapura,” tandasnya.

Kepala DPMPTSP Kota Jayapura, Johanis Wemben, SH, MH turut menambahkan keberadaan instansi yang dipimpinnya telah menjadi Rool model dan rujukan dalam pelayanan perizinan terpadu satu pintu.

Pernyataan tersebut datang dari beberapa lembaga seperti Komisi Pemberantasan Korupsi RI, Ombudsman RI Perwakilan Papua dan juga Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara.

Dengan itu, daerah-daerah yang ada di Provinsi Papua maupun di Papua Barat lebih memilih Kota Jayapura sebagai tempat magang jika dibandingkan mereka keluar Provinsi Papua.

“Karena pelayanan yang diberikan sudah sama dengan daerah lain di Indonesia bagian barat  bahkan Kota Jayapura memiliki kelebihan-kelebihan dan maju terhadap pelayanan publik,” tukasnya.

Turut hadir sejumlah Pimpinan OPD, Kepala Distrik, kepala kelurahan dan kepala kampung.

(Har)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Kota Jayapura

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga