Anak Berusia 7 Tahun Wajib Diterima di SD

Semua sekolah dasar (SD) diwajibkan menerima anak-anak yang hendak menempuh pendidikan pada jenjang tersebut.
Share it:
Add caption
Jayapura, Dharapos.com 
Semua sekolah dasar (SD) diwajibkan menerima anak-anak yang hendak menempuh pendidikan pada jenjang tersebut.

Dalam hal ini, para calon siswa minimal berumur 7 - 9 tahun, apapun latar belakangnya serta tidak dilakukan tes bahkan tidak dikenakan syarat apapun seperti pernah menjalani pendidikan di TK atau PAUD.

“Dari mana atau apapun latar belakang mereka, anak-anak ini harus  tetap bersekolah di SD manapun yang mereka ingin masuki.  Apalagi jika mereka sudah berumur 7 tahun maka anak-anak itu wajib di terima,”  demikian pernyataan ini di sampaikan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Jayapura, I Wayan Mudiyasa, S.Pd, M.MPd, ketika dikonfirmasi, Senin (12/6).

Bahkan, walau anak anak tersebut  tidak tahu membaca atau menghitung, sekolah wajib menerima mereka.

Namun demikian, untuk anak yang masih berumur 6 tahun atau 6,5 bahkan 6,8 tahun berdasarkan  Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, belum bisa masuk sekolah.

Walau begitu, Pemerintah Kota Jayapura tetap memberikan kelonggaran untuk anak yang masih berumur 6 tahun lebih untuk masuk SD. Tetapi dengan catatan harus ada rekomendasi dari  guru TK yang bisa dipertanggungjawabkan.

“Anak  berumur 6 tahun itu bisa langsung di terima asalkan mempunyai kemampuan, cerdas maupun memiliki bakat istimewa,” lanjutnya.

Selain itu juga, anak-anak  yang hendak masuk SD tapi tidak pernah sekolah di TK, bisa meminta rekomendasi dari Psikolog profesional.

“Yang menyatakan bahwa anak tersebut sudah bisa masuk ke kelas 1 SD dengan catatan , minat belajarnya sudah tinggi atau mempunyai kelebihan dalam hal sudah bisa membaca dan menulis. Hal ini menjadi persyaratan yang dipertimbangkan oleh satuan pendidikan masing-masing,” sambung Kadis.

Untuk itu, diharapkan pihak sekolah tidak asal menerima karena akan berdampak negatif bagi anak atau sekolah sendiri.

Karena realitanya, banyak orang tua yang memaksa anaknya masuk di SD kelas 1 pada saat umur anaknya baru 6 tahun.

Ternyata kejadiaannya, anak-anak tersebut duduk di bangku kelas 1 hingga berumur 9 tahun atau dengan kata lain masih bertahan di kelas 1 hingga tiga kali berganti tahun ajaran .

“Olehnya itu, rekomendasi dari Psikolog yang profesional sangat perlu dan diharuskan bagi anak yang tidak pernah menjalani pendidikan di TK, namun ingin masuk SD,” tukasnya.


(Har)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Pendidikan

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga