ASN Kota Harus Paham Fungsi dan Tugasnya

Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemerintah Kota Jayapura harus paham tentang funsi dan tugasnya.
Share it:
ASN Lingkup Pemkot Jayapura
Jayapura, Dharapos.com
Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemerintah Kota Jayapura harus paham tentang funsi dan tugasnya.

Hal ini sangat diperlukan mengingat kinerja Pemerintahan periode kedua di bawah kepemimpinan Wali Kota DR. Benhur Tomi Mano, MM dan Wakil Wali Kota Ir. H. Rustan Saru, MM mengusung komitmen kerja, kerja dan kerja.

“Komitmen saya pada lima tahun ke depan adalah kerja, kerja dan kerja sehingga untuk mencapai hal tersebut maka saya memerlukan aparatur sipil negara yang mampu dan paham tentang tugas dan fungsinya secara baik,” tegasnya saat penutupan acara Sosialisasi Peraturan Perundang-undangan
Bidang Kepegawaian di Lingkungan Pemerintah Kota Jayapura Tahun 2017 yang berlangsung di aula kantor Badan Diklat Expo Waena, Rabu (21/6).

Wali Kota dalam sambutannya yang dibacakan Sekertaris Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Kota Jayapura (BKPP) Moses Sroyer mengakui masalah kepegawaian berkaitan erat dengan kehidupan manusia atau kehidupan nasib ASN itu sendiri.

Karena dalam hal pengabdiannya, ASN Kota Jayapura harus ada keseimbangan antara kewajiban dan hak.

“Lima tahun ke depan, saya butuh tenaga-tenaga ASN yang mampu mengelola kepegawaian masing-masing OPD atau unit-unit teknis dengan baik dan bertanggung jawab dan saudara yang hadir saat ini adalah orang yang paling bertanggung jawab terhadap nasib dan hidup ribuan PNS di kota Jayapura,” urainya.

Wali Kota mengingatkan sosialisasi tentang peraturan-peraturan kepegawaian ini akan menjadi rujukan bagi pengurusan nasib ASN.

Oleh sebabnya itu, dirinya mengharapkan agar aturan-aturan ini dicamkan dengan baik terutama Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 53 Tahun 2010 tentang disiplin Pegawai Negeri Sipil.

Selain itu, PP Nomor 53 Tahun 2010 dan UU No 5 Tahun 2014 tentang ASN menjadi bagian penting yang harus dipahami.

“Sebab pengelolaan kepegawaian yang saudara kerjakan dilakukan dalam sebuah standar yang disebut norma standar dan prosedur (NSP),” sambung Wali Kota.

Kemudian juga yang perlu dipahami dalam UU No 5 Tahun 2014  ini adalah penyadaran akan fungsi tugas dan peran ASN.

Dimana pada pasal 10 ditegaskan bahwa ASN memiliki tiga fungsi masing-masing  pelaksana kebijakan publik, pelayanan publik dan perekat persatuan dan kesatuan bangsa.

Dan terkait dengan tiga fungsi di atas, maka pada Juni 2017 Wali Kota telah berkomitmen untuk mencanangkannya sebagai bulan Pancasila di wilayah Pemerintahan Kota Jayapura.

“Untuk itu, saya minta kepada semua ASN untuk menyadari bahwa selain mengabdi, sesungguhnya kita adalah perekat persatuan dan kesatuan bangsa. Dan kedepannya, saya akan melakukan pemantauan terhadap implementasi atau penerapan pelaksanaan dari sosialisasi ini di masing-masing OPD di lingkup Kota Jayapura,” pungkasnya.

(Vian)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Kota Jayapura

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga