BI Papua Waspadai Kenaikan Harga Tak Wajar

Bank Indonesia (BI) Perwakilan Provinsi Papua mewaspadai adanya kenaikan harga kebutuhan pokok yang tak wajar.
Share it:
Pasar Murah Non Tunai jelang Lebaran yang berlangsung di lapangan Imbi, pusat Kota Jayapura, 14-16 Juni 2017 
Jayapura, Dharapos.com
Bank Indonesia (BI) Perwakilan Provinsi Papua mewaspadai adanya kenaikan harga kebutuhan pokok yang tak wajar.

“Biasanya menjelang hari raya, harga kebutuhan pokok selalu mengalami kenaikan dimana penyebab yang mempengaruhi kenaikan tersebut antara lain kebutuhan masyarakat yang tinggi, sementara stok-stok kebutuhan yang diperlukan terbatas,” akui Pimpinan BI Papua, Joko Supratikto usai kegiatan Pasar Murah Non Tunai Pengendalian Inflasi menjelang Lebaran yang berlangsung di lapangan Imbi, pusat Kota Jayapura, Rabu (14/6).

Salah satu yang saat ini diwaspadai pihaknya dimana ada pihak- pihak tertentu yang mencoba memanfaatkan atau mengambil keuntungan yang tinggi dengan menaikkan harga secara tidak wajar

Dan, untuk mengatasi kenaikan harga pangan tersebut, Pemerintah telah bekerja sama dengan pihak Kepolisian beberapa waktu lalu.

“Kerja sama tersebut kemudian ditindak lanjuti dengan membentuk Satgas Pangan yang fungsinya untuk mengawasi kenaikan harga kebutuhan pangan yang tidak wajar,” bebernya.

Di lain sisi, sambung Supratikto, BI bersama tim pengendalian inflasi mencoba menghadirkan pasar murah sejak 14 – 16 Juni dengan mendatangkan komoditas-komoditas langsung dari para pengecernya.

“Pasar murah kali ini kita namakan Pasar Murah Non Tunai, dimana pembeliannya akan menggunakan uang elektronik yang disediakan oleh bank Pemerintah yaitu BRI, BNI, Mandiri dan Telkomsel,” sambungnya.

Pasar murah non tunai ini juga diharapkan dapat membantu masyarakat untuk lebih mengenal transaksi dengan cara non tunai, yang lebih praktis dan terhindar dari peredaran uang palsu.

Pemerintah Kota Jayapura melalui Asisten II, Drs. Nur Jainuddin Konu mengharapkan kepada seluruh pedagang untuk tidak menaikan harga barang.

“Karena sesungguhnya laporan yang kami terima, stoknya tersedia hingga usai Lebaran,” bebernya.
Konu atas nama Pemkot Jayapura memberikan apresiasi kepada BI maupun perbankan yang sudah melaksanakan pasar murah hingga menjadi nilai tambah untuk meringankan beban masyarakat setempat.

(Vian)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Ekonomi

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga