DP3A-KB Kota Komitmen Dorong Perempuan Terlibat Pembangunan

Pemerintah kota setiap tahun rutin menggelar kegiatan pembinaan kemitraan organisasi perempuan Kota Jayapura melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3A-KB) setempat.
Share it:
Kepala DP3A-KB Kota Jayapura, Betty A. Pui, SE, M.PA 
Jayapura, Dharapos.com 
Pemerintah kota setiap tahun rutin menggelar kegiatan pembinaan kemitraan organisasi perempuan Kota Jayapura melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3A-KB) setempat.

Kepala DP3A-KB Kota Jayapura, Betty A. Pui, SE, M.PA yang dikonfirmasi, Rabu (14/6) mengakui dilaksanakannya kegiatan tersebut menjadi komitmen pihaknya dalam rangka memberikan pendidikan kepada ibu-ibu yang ada di kampung yang telah didampingi khususnya pada 11 kampung adat dan kampung yang komunitasnya dari berbagai suku.

“Kegiatan ini juga dalam rangka memberi daya kepada para perempuan yang ada di kampung-kampung untuk ikut terlibat dalam proses pembangunan di Kota Jayapura,” lanjutnya.

Lebih lanjut, jelas Betty, di masa kepemimpinan Wali Kota DR. Benhur Tomi Mano, MM pada periode kedua ini, pihaknya tidak hanya dituntun lewat rencana pembangunan jangka menengah Kota Jayapura tapi juga melalui visi misi dari Wali Kota dan Wakil Wali Kota.

“Intinya, harus kita tindaklanjuti sesuai dengan tugas dan fungsi pemberdayaan perempuan perlindungan anak dan keluarga berencana,” tandasnya.

Diakui Betty, apa yang disampaikan Wali Kota telah menjadi spirit bagi institusi yag dipimpinnya
untuk berbuat yang terbaik.

“Bahwa untuk 5 tahun ke depan harus ada nilai dan hasil yang kita berikan bahwa kepemimpinan terhadap organisasi perempuan betul-betul ada manfaatnya,” akuinya.

Salah satunya yaitu saat musyawarah pembangunan kampung atau kelurahan, perempuan juga ikut terlibat untuk berbicara tentang kepentingan perempuan dalam hal pendidikan, kesehatan dan ekonomi.

“Terutama berapa persen yang diluncurkan ke kampung-kampung oleh Pemerintah pusat, perempuan juga harus jeli untuk melihat berapa alokasi dana selama ini dalam membentuk organisasi perempuan kemitraan yang ternyata terkendala di pembiayaan untuk pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak,” urainya.

Begitu pula yang berkaitan dengan Kota Layak Anak dimana akan ada forum-forum anak di dalamnya.

“Dan juga anggaran yang dikucurkan untuk kepentingan sejumlah program di beberapa kampung yang dikhususkan bagi pemberdayaan dan perlindungan anak,” sambungnya.

Dalam hal ini, perempuan-perempuan harus diberikan pemahaman agar mereka mengetahui Alokasi Dana Desa tersebut juga diberikan ataukah kepada mereka.

“Dengan demikian organisasi perempuan yang ada di bawah naungan gabungan organisasi wanita memiliki tanggung jawab serta menjadi mitra bagi DP3A-KB Kota Jayapura,” tukasnya.

(Har)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Kota Jayapura

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga