Ikatan Keluarga Flobamora Biak Numfor–Supiori Gelar Musda I

Ikatan Keluarga Flobamora Biak Numfor – Supiori resmi menggelar Musyawarah Daerah (Musda) 1 Flobamora yang dilaksanakan Rabu (28/6) bertempat di Hotel Arumbai Biak.
Share it:
Ikatan Keluarga Flobamora Biak Numfor – Supiori resmi menggelar Musda 1 yang turut dihadiri
Bupati Biak Numfor Thomas Ondy dan Ketua DPRD setempat, Zeth Sandy
Biak, Dharapos.com
Ikatan Keluarga Flobamora Biak Numfor – Supiori resmi menggelar Musyawarah Daerah (Musda) 1 Flobamora yang dilaksanakan Rabu (28/6)  bertempat di Hotel Arumbai Biak.

Musda 1 ini dihadiri Bupati Biak Numfor Thomas Ondy dan Ketua DPRD setempat, Zeth Sandy, serta keluarga besar NTT yang tergabung dalam Ikatan Keluarga Flobamora, serta para tamu undangan lainnya.

Musda I Flobamora mengusung tema “Melalui Musyararah Daerah 1 Biak Numfor – Supiori Kita bangkit, Mandiri, Sejahtera Menuju Perubahan”.

Kegiatan ini diawali dengan laporan Panitia, sambutan Bupati Biak Numfor dan sambutan Ketua Umum Flobamora Provinsi Papua, H. Solaiman Hamzah sekaligus membuka Musda ke 1 ini.

Kepada media ini, Ketua Umum Flobamora Provinsi Papua H. Solaiman Hamzah yang juga adalah pendiri ikatan Keluarga ini, menegaskan bahwa sebetulnya Ikatan Keluarga Flobamora di Kabupaten Biak Numfor ini belum berjalan maksimal atau belum menyatu.

“Padahal filosofi yang diusung bahwa kecil itu kuat tetapi bila berhimpun dalam suatu ikatan yang lebih besar akan lebih kuat dan bermakna,” tegasnya.

Sementara, di Kabupaten yang lain sudah hampir 70 persen organisasi ini terbentuk dan sudah melaksanakan kegiatan sejak tahun 2000 lalu.

“Kami menghimbau kepada seluruh anggota Ikatan Keluarga Flobamora di Kabupaten Biak Numfor, agar turut mendukung seluruh program pemerintah yang merupakan tujuan utama dari Ikatan Keluarga Flobamora,” tandas pria yang juga anggota DPR RI Komisi IV dari Fraksi Partai Nasdem ini.

Jelasnya pula, Musda 1 ini bertujuan untuk memilih pengurus, juga turut pula dibahas beberapa program.

Hamzah mengharapkan Musda seperti ini bukan saja sekali ini tetapi harus berlanjut dan peran aktif dari masyarakat Flobamora yang berada Kabupaten Biak Numfor dan Kabupaten Supiori harus bisa lebih nyata menunjukkan karya-karyanya.

“Termasuk pula kekayaan budaya yang dibawa dari tempat asal harus juga ikut memperkaya budaya yang sudah ada di Biak Numfor terlebih di Papua sehingga kebhinekaan yang di bangun, Flobamora juga bisa lebih nampak,” tandasnya.

Kepada pengurus yang terpilih, Hamzah juga mengharapkan agar tidak meninggalkan budaya,
sebab semua keluarga Flobamora merantau dari daerahnya tidak saling mengenal tetapi ketika tiba di suatu tempat seperti di Biak ini barulah saling kenal dan sedapat mungkin ikut membangun daerah dimana  dia berada.

Diterangkan pula bahwa secara organisasi legalitas organisasi Flobamora sudah sampai pada ketentuan terakhir yang mengharuskan semua ormas harus dinotariilkan.

Karena itu, Flobamora Provinsi selaku pusatnya di Papua, dimana sudah dibuatkan akte notaris sebagai anggaran dasar yang kemudian seluruh kabupaten/kota tinggal menyesuaikan dengan anggaran dasar yang sudah ada.

Hamzah juga berharap masyarakat Flobamora bisa menjaga soliditas ikatan kerukunan keluarga yang sudah terbentuk sehingga  terawat dengan baik dan sama-sama bisa berinteraksi dengan masyarakat lain sebagaimana biasa.

Ditambahkannya, bahwa satu hal yang tidak ketinggalan dan sangat penting adalah bahwa keutuhan negara dan bangsa ini sudah menjadi komitmen nasional sejak Irian Barat kembali ke pangkuan Ibu Pertiwi.

“Dan seluruh masyarakat Flobamora harus turut mempertahankan keutuhan bangsa ini,” cetus Hamzah.

Untuk tungku yang mendukung Ikatan Keluarga Flobamora, di jelaskan bahwa di NTT ada 22 Kabupaten yang mendukung.

“Tetapi yang hadir di kabupatten Biak Numfor terkadang ada Kabupaten yang jumlah masyarakatnya sedikit sehingga tergabung dan menyatakan diri bersatu dan yang hadir di Biak Numfor sebanyak enam tungku atau enam kelompok yang sudah menyatakan diri bersatu yang kini bernama Flobamora Kabupaten Biak Numfor dan Supiori,” tukasnya.

(Hend)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Daerah

Masukan Komentar Anda:

0 comments: