Isi Hari Libur, Wawali Tinjau Kegiatan Pelayanan di Sejumlah Puskesmas

Guna memastikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat d Kota Jayapura, Wakil Wali Kota Ir. H. Rustan Saru, MM di hari libur meninjau 3 pusat pelayanan masing-masing Puskesmas Abepura, Yoka dan Waena.
Share it:
Wawali Ir. H. Rustan Saru, MM didampingi Kabag Humas, Rocki Bebena saat meninjau salah satu Puskesmas
Jayapura, Dharapos.com
Guna memastikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat d Kota Jayapura, Wakil Wali Kota Ir. H. Rustan Saru, MM di hari libur meninjau 3 pusat pelayanan masing-masing Puskesmas Abepura, Yoka dan Waena.

Peninjauan ini juga dalam rangka membuktikan apakah pelayanan kepada masyarakat sudah berjalan maksimal sesuai arahan Wali Kota ataukah belum.

Ternyata dari hasil peninjauan tersebut,  Wawali yang di damping Kepala Bagian Humas dan Protokoler Setda Kota Jayapura, Rocki Bebena mendapati Puskesmas Yoka hingga pukul 10.00 Wit belum juga di buka.

Padahal dalam laporannya kepada Wali Kota dan Wawali saat pertemuan sebelumnya, pimpinan Puskemas Yoka mengakui jika pelayanan sudah dilakukan  24 jam namun faktanya tidak demikian

Menyikapinya, Wawali menyesalkan sikap pimpinan Puskesmas Yoka yang tidak bekerja maksimal.

“Ini kan menunjukkan adanya gejala yang tidak baik dari kepala Puskesmas dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Puskesmas harus dibuka walaupun hari libur karena itu tugas medis, sebab menyangkut kesehatan,” sesalnya.

Wawali mengaku akan melaporkan hal ini untuk menjadi perhatian Wali Kota dan memberikan teguran keras kepada kepala puskesmas beserta petugas medis setempat agar tidak terulang kembali.

Persoalan lainnya yang ditemui yaitu terbatasnya fasilitas kursi untuk pasien bahkan pasokan air bersih pun tidak ada.

Di Puskesmas Abepura, pelayanan tetap dibuka namun waktunya yang terbatas karena dimulai dari pagi hingga pukul 13.00 Wit.

“Saya minta harus ada penambahan jam pelayanan untuk melayani masyarakat karena pasiennya cukup banyak yang datang untuk berobat. Jangan sampai masyarakat merasa kecewa dan kemudian menilai petugas tidak mampu bekerja sampai sore hari,” imbuhnya.

Selain itu juga, sejumlah persoalan yang di hadapi Puseksmas Abepura yaitu ruangan maupun  petugas medis terbatas begitu pula dengan operasional yang juga terbatas.

Wawali berkesempatan menyapa salah satu warga masyarakat yang hendak berobat 
“Maka itu, kedepannya akan menjadi prioritas Pemkot sehingga Puskesmas-puskesmas di Kota Jayapura bisa melayani selama 24 jam,” cetusnya.

Sementara itu, saat meninjau Puskesmas Waena, Wawali memastikan kondisi pelayanan berjalan seperti biasa dan berlangsung baik.  

Meski pasiennya begitu banyak namun dapat tertangani secara maksimal, sementara kondisi ruangan tertata dengan baik.

“Hanya masih perlu kendaraan operasional untuk melayani ke pustu dan ke kampung-kampung serta perlu penambahan bangku-bangku bagi pasien atau masyarakat yang hendak berobat,” rincinya.

Selain itu, harus juga ada pembuatan ruang tunggu bagi pasien.

“Karena untuk meningkatkan pelayanan kita dalam rangka mencapai akreditas sesuai yang diinginkan  maka perlu ada ruangan tertutup yang aman bagi pasien khususnya ruang tunggu,” sambung Wawali.

Ia juga pada kesempatan tersebut mendorong setiap Kepala Puskesmas untuk proaktif dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dan juga berharap semua puskesmas di Kota Jayapura bisa melayani selama 24 jam.

“Dinas Kesehatan juga harus membantu dengan melakukan pendekatan kesehatan agar masyarakat di Kota Jayapura terus semakin sehat dan kuat sehingga berdampak pada angka harapan hidup semakin tinggi dan angka kematian semakin menurun termasuk ibu hamil,” harap Wawali.

Pemeriksaan gula darah, kolesterol, asam urat, USG hingga malaria pun harus dibebaskan dari biaya karena pemerintah sudah mendorong hal itu.

Pada momen tersebut, Wawali juga menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada dokter dan para kepala Puskesmas serta petugas medis yang melayani dengan ikhlas dan disiplin serta berkualitas  kepada masyarakat.

“Olehnya itu, masyarakat Kota Jayapura juga jika ada keluhan atau ada sesuatu yang perlu untuk ditangani secepatnya, bisa langsung ke Puskesmas terdekat atau sebaliknya petugas Puskesmas kita akan mengunjungi ke rumah,” tukasnya.


(Har) 
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Kota Jayapura

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga