KKK Biak Gelar Kegiatan Sambut Momen Wafatnya Sam Ratulangi dan HUT ke 52

Hari wafatnya Pahlawan Nasional DR. Sam Ratulangi yang jatuh pada 30 Juni mendatang merupakan hari yang dirayakan oleh seluruh warga Kawanua dimana pun berada.
Share it:
Freddy Montolalu, SE.Ak, M.Si
Biak, Dharapos.com
Hari wafatnya Pahlawan Nasional DR. Sam Ratulangi yang jatuh pada 30 Juni mendatang merupakan hari yang dirayakan oleh seluruh warga Kawanua dimana pun berada.

Dan memeriahkan itu, digelar sejumlah kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap tahun bertepatan momen tersebut.

Kegiatan tersebut sebagai wujud penghargaan atas jasa sang pahlawan khususnya oleh warga Kawanua yang berasal dari Sulawesi Utara, sebelum atau sesudah momen dimaksud.

Untuk perayaan di tahun ini, sekaligus dikemas dengan perayaan Hari Ulang Tahun Kerukunan Keluarga Kawanua di Biak yang ke 52 tahun, KKK melaksanakan 2 momen penting yaitu baik secara intern dan secara ekstern.

Secara intern diantaranya mengadakan kegiatan perlombaan seperti bola voli, kemudian anjangsana, serta kegiatan pembersihan dan jalan santai.

Sementara untuk ekstern yaitu diadakan pertandingan Tennis Meja Kawanua Open.

Kegiatan tenis meja ini sudah dilaksanakan untuk yang ke tiga kalinya dalam beberpa tahun terakhir ini.

Pada semua kegiatan yang dilaksanakan, diharapkan bisa menunjukkan eksitensi Kawanua terlebih penting meningkatkan prestasi tennis meja di Kabupaten Biak Numfor.

Menurut Ketua Kerukunan Keluarga Kawanua, Freddy Montolalu, SE.Ak, M.Si, pihaknya punya alasan dalam mengangkat olahraga tenis meja sebagai bagian dari pelaksanaan kegiatan ini.

“Pada dasarnya pemain-pemain tenis meja yang berprestasi umumnya berasal dari Biak Numfor, sehingga kami merasa perlu untuk mengembangkan olahraga ini apalagi warga Kawanua yang sudah dikenal sangat berprestasi di cabang olahraga ini,” bebernya.

Di samping kegiatan tenis meja dapat mempersatukan warga Kawanua tetapi diharapkan juga dapat mengimplementasikan eksistensi Kawanua di Kabupaten Biak Numfor dalam menunjang pembangunan dengan mencoba untuk meningkatkan prestasi khususnya di olahraga tennis meja.

Montolalu merincikan, pelaksanaan kegiatan dimulai pada tanggal 19 Juni 2017 dengan kegiatan inti yaitu merayakan hari wafatnya Pahlawan Nasional DR. Sam Ratulangi serta HUT Kerukunan Keluarga
Kawanua akan dilaksanakan pada Juli mendatang, setelah selesai semua kegiatan yang mendukung perayaan, dan setelah selesai Lebaran tentunya.

Lebih lanjut jelas dia, Ikatan Keluarga Kawanua yang berada di Kabupaten Biak Numfor hingga saat yang terdaftar secara resmi mencapai hampir 500 KK yang sudah terdaftar resmi, atau sekitar 1000an lebih jiwa yang terdaftar.

Kerukunan Keluarga Kawanua ditopang oleh 7 pilar atau kerukunan-kerukunan  kecil yang mewakili etnis-etnis dan satu pilar dari pemuda.

Pada kesemeptan tersebut, Mantolalu juga menghimbau kepada seluruh warga masyarakat untuk saling bersinergi dalam membangun Kabupaten Biak Numfor yang lebih baik.

“Dan keberadaan KKK yang sudah diterima puluhan tahun sebelumnya adalah merupakan modal untuk menunjukkan bahwa orang Manado dan orang Biak atau bahkan orang lain yng berada di Papua atau warga paguyuban yang lain, bisa bersinergi,” himbaunya.

Hal ini sudah terbukti dengan KKK yang saat ini sudah memasuki usia yang ke 52 tahun.

(Hend)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Daerah

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga