Kota Jayapura Harus Jadi Barometer bagi 28 Kabupaten di Papua

Kota Jayapura harus tampil sebagai barometer di Tanah Papua.
Share it:
Wali Kota DR. Benhur Tomi Mano, MM dan Kapolres Jayapura Kota ABP. M . Tober Sirait saat konfrensi pers
Jayapura, Dharapos.com
Kota Jayapura harus tampil sebagai barometer di Tanah Papua.

“Kalau Kota Jayapura ini aman maka 28 Kabupaten yang ada di Papua juga aman dan damai begitu pula di bidang lainnya,” cetus Wali Kota DR. Benhur Tomi Mano, MM yang dikonfirmasi seusai acara Buka Puasa bersama Kapolres Jayapura, baru-baru ini.

Untuk itu, masyarakat Kota Jayapura harus menjaga keamanan diri masing-masing.

“Sementara kepada RT/RW, Lurah dan Camat agar mendata secara baik penduduk yang masuk ke kota Jayapura. Tujuannya agar kita lebih dini mengetahui dan mengambil langkah antisipasi terhadap paham-paham radikalisme yang menyusup masuk ke Kota Jayapura,”  beber Wali Kota.

Lebih lanjut, ia juga menegaskan bahwa soal keamanan bukan hanya menjadi tanggung jawab pihak keamanan saja tetapi juga oleh masyarakat sehingga dirinya mendorong RT/RW, Lurah dan Camat termasuk Siskamling segera diaktifkan.

“Minggu depan nanti saya akan mengontrol RT/RW dan apabila saya temukan RT/RW yang tidak mengerahkan warganya untuk bangun pos siskamling dan menjaga kebersihan lingkungan serta tidak mendukung program Pemerintah maka saya dengan tegas tidak akan membayarkan dana insentif mereka,” ancamnya.

Direncanakan pada Agustus mendatang, Pemkot dan Kapolres akan menggelar lomba dan bagi RT/RW yang membuat siskamling dan melakukan pengamanan secara baik bakal menerima hadiah.

“Saya yakin selama bulan Ramadhan hingga Lebaran nanti, umat Muslim akan menjalankan ibadahnya dengan aman dan saya selaku Wali Kota bersama Kapolres dan juga Dandim bertekad agar kota ini menjadi aman,” cetus Wali Kota.

Pada momen yang sama, Kapolres Jayapura Kota, AKBP M. Tober Sirait menambahkan kegiatan Buka Puasa bersama ini dilakukan untuk membangun silaturahmi dan toleransi diantara Pemerintah, TNI – Polri dan  swasta dan seluruh warga masyarakat.

Ia juga menegaskan keamanan menjelang Lebaran H-7 ini akan terus dimaksimalkan.

“Dan kami berharap seluruh lapisan masyarakat mendukung Kepolisian untuk menjamin keamanan khusus umat Muslim yang sementara menjalankan ibadah puasa dan terlebih khusus pada saat perayaan Idul Fitri,” tandas Kapolres.

Posko-posko keamanan sudah mulai berjalan dan untuk Kota Jayapura terdapat 7 titik yaitu depan Mall Jayapura, depan Hotel Yasmin, depan SIP, PTC Entrop, Dok V dan Muaratami kemudian Saga Mall Abepura.

“Untuk mengamankan solat Ied nanti kami akan kerahkan dua pertiga dari personil kami dan juga kami akan meminta bantuan dari TNI,” pungkasnya.

(Vian)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Kota Jayapura

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga